Beranda Peristiwa Dispora Pandeglang Klaim Hadiah untuk Juara Panjat Tebing Sudah Sesuai

Dispora Pandeglang Klaim Hadiah untuk Juara Panjat Tebing Sudah Sesuai

Uang hadiah untuk juara Panjat Tebing Bupati Cup 2021 Sumber foto : Istimewa

PANDEGLANG – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Pandeglang mengklaim jika hadiah atau uang pembinaan yang diberikan pada juara untuk cabang Panjat Tebing Bupati Cup 2021 sudah sesuai dengan anggaran yang telah disusun oleh pihaknya.

Kadispora Pandeglang, Dadan Saladin mengatakan jika uang tunai yang diberikan oleh pihaknya pada para juara memang sudah sesuai dengan anggaran yang telah disiapkan oleh dinas. Bahkan dirinya menilai jika nilai tersebut sudah termasuk lumayan daripada tidak diberi sama sekali.

“Itu kami sesuai anggaran, kan segitu, enggeus sakitu bae anggaranana (sudah segitu saja anggarannya). Itu juga udah lumayan diadain,” tegas Dadan, Jumat (17/12/2021).

Bahkan kata Dadan, uang pembinaan itu ada kelebihan yang harus dikembalikan panitia ke Dispora. Pasalnya, ada pajak yang belum dipotong dalam anggaran bagi juara panjat tebing tersebut.

Dadan membeberkan, hadiah untuk juara I Panjat Tebing sebesar Rp225 ribu, juara II sebesar Rp175 ribu dan juara III sebesar Rp100 ribu. Namun jumlah tersebut harus dipotong pajak sebesar 6 persen.

Bahkan menurut Dadan, juara III yang mendapatkan Rp95 ribu harus mengembalikan kelebihan pembayaran. Sebab, seharusnya, kata Dadan, atlet tersebut hanya mendapatkan hadiah sebesar Rp94 ribu saja.

“Buat juara satu kan Rp225 ribu, juara dua Rp175 ribu dan juara tiga itu Rp100 ribu, itu semua kena pajak 6 persen. Tapi untuk juara tiga kan dikasihnya Rp95 ribu, harusnya Rp94 ribu. Ada kelebihan itu seribu, itu dibalikin lagi uang itu ke kami,” jelasnya.

Saat ditanya mengenai kelayakan anggaran bagi para juara, Dadan malah kembali mengungkit soal kelebihan pembayaran hadiah lomba tersebut. Ia menegaskan panitia lomba harus segera mengembalikan kelebihan pembayaran anggaran itu ke Dispora.

“Kami kan sesuai anggaran yang ada saja, udah yang kami berikan segitu. (Soal anggaran) enggak tahu itu mah, intinya kembaliin seribu rupiah kepada kami, udah, cukup. Kalau soal total anggaran, silahkan hubungi saja Pak Bedi (Ahmad Jubaedi Kasi Pembibitan dan Prestasi Olahraga Dispora Pandeglang),” terangnya.

Senada dengan Kadispora, Kasi Pembibitan dan Prestasi Olahraga pada Dispora Pandeglang, Ahmad Jubaedi juga mengklaim jika anggaran tersebut sudah sesuai dengan perencanaan Dispora. Bahkan ia merasa aneh jika permasalahan jumlah uang tersebut bisa menjadi ramai.

“Atuh emang udah sesuai, dari tahun-tahun sebelumnya bahkan tidak pernah ada pembinaan. Boleh tanya ke cabor olahraga silat, karate dan panjat tebing, apakah dari dulu mereka diberikan uang pembinaan,” ucapnya.

Saat ditanyakan mengenai kelayakan uang hadiah pembinaan itu, Bedi menyarankan wartawan untuk datang langsung ke kantor Dispora. Ia bahkan penasaran siapa orang yang pertama menyebarkan foto-foto amplop berisi uang pembinaan itu.

“Kalau mau jelasnya ke kantor aja. Soalnya saya juga pengen tahu siapa yang memviralkan, dari sekolah mana,” tutupnya. (Med/Red)

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini