Beranda Pemerintahan Disperkim Cilegon Kembali Garap Ribuan Meter Jaringan SPAM

Disperkim Cilegon Kembali Garap Ribuan Meter Jaringan SPAM

Pipa jaringan. (pipaplastik.com)

CILEGON – Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (Disperkim) Kota Cilegon mulai menggarap pelaksanaan pekerjaan lanjutan pengembangan jaringan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) yang bersumber dari pagu APBD Cilegon 2018 senilai Rp4,1 miliar.

Kepala Disperkim Cilegon, Aziz Setia Ade mengatakan dimulainya pengembangan jaringan SPAM sepanjang 3.336 meter dengan pipa 12 inchi itu setelah adanya pra construction meeting (PCM) dengan PT Pandawa Mitra Buana, pelaksana pemenang lelang pada Senin (24/9/2018) lalu.

“Sekarang (SPAM) sudah mulai dibangun. Tapi kalau berdasarkan DED (Detail Engineering Design) kita kemarin, RAB-nya (Rencana Anggaran Biaya) tidak lebih dari anggaran kita, tersisa 500 meter yang belum tersambung karena anggaran terbatas. Dan pekerjaan ini akan memakan waktu sekitar 90 hari kalender,” ujar Aziz, Rabu (26/9/2018).

Dikatakan, melalui proses lelang jaringan SPAM di kawasan Cibeber akan menelan anggaran sekira Rp3,5 miliar. Nilai ini lebih kecil dari pekerjaan yang sama pada tahun lalu di Kecamatan Cilegon yang menelan anggaran sekira Rp5,8 miliar.

“Karena usernya adalah PDAM, maka setelah nanti kita terima dari pihak ketiga, maka akan kita serahkan ke PDAM sebagai usernya, dan dalam pekerjaan ini mereka pun kita libatkan sebagai supervisi. Saya cuma bisa berpesan agar pekerjaan ini dapat dilaksanakan sesuai perencanaan dan tepat waktu,” katanya. (dev/red)