Beranda Peristiwa Disperindag Tangsel Temukan Makanan Berformalin di Pasar Modern Bintaro

Disperindag Tangsel Temukan Makanan Berformalin di Pasar Modern Bintaro

Petugas melakukan uji laboratorium sampel makanan untuk mengantisipasi makanan berbahaya - (Foto Ihya Ulumuddin/BantenNews.co.id)

TANGERANG – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Tangerang (Tangsel) menemukan beberapa makanan yang mengandung formalin dan boraks saat sidak di Pasar modern Bintaro, Jumat (17/5/2019).

Disperindag yang bekerjasama dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Banten, Dinas Kesehatan, Tim Satgas Polres dan Satpol PP Tangsel mengambil 23 sampel makanan mulai dari baso, mie, kikil, tahu, tempe. Hasilnya, ditemukan beberapa makanan mengandung formalin dan boraks.

“Tadi dari hasil penelitian laboratorium makanan, kami mengambil 23 sampel makanan mulai dari baso, tahu, kikil. Dan ada dua yang terindikasi formalin dan boraks di jenis mie dan satu lagi itu bahan dasar untuk membuat kerupuk menggunakan bahan dasarnya boraks,” ungkap Kepala Labkesda dari Dinkes Tangsel, Dokter Hanum Latifa di sela kegiatan.

Menurutnya, tahun lalu juga ditemukan hal yang sama. Maka dari itu, nantinya para pedagang akan diberikan pembinaan mengenai bahayanya bahan pangan yang mengandung formalin dan boraks.

“Tahun lalu dengan BPOM kami sudah menemukan juga dan itu positif, tahun ini ditemukan lagi. Nanti diperlukan pembinaan dari Dinas Kesehatan,” ucapnya.

Sementara, Kasie Pemeriksaan BPOM Banten, Faisal Mustofa menjelaskan, bahan pangan yang mengandung formalin dan boraks akan diuji laboratorium kembali.

“Kita harus verifikasi lagi dengan uji lab. Karena dampak kesehatan, untuk formalin berdampak jangka panjang 10 tahun kedepan bisa ke gagal ginjal dan kanker,” tandasnya. (Tra/Ihy/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniĀ