Beranda Bisnis Disperdaginkop Kota Serang Akan Berikan Pembinaan Digital Marketing kepada UKM

Disperdaginkop Kota Serang Akan Berikan Pembinaan Digital Marketing kepada UKM

264
0
Kasi Promosi Disperindagkop dan UKM Kota Serang Ratu Anne (kiri) saat berbincang dengan pelaku usaha kecil. (Ade/bantennews)

 

SERANG– Dinas Perdagangan Industri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) tahun ini akan melakukan pembinaan digital marketing kepada sejumlah pelaku UKM. Hal ini dilakukan untuk memudahkan para pelaku usaha dalam memasarkan produknya.

Kepala Seksi (Kasi) Promosi Disperdaginkop dan UKM Kota Serang Ratu Anne mengatakan, tahun ini Kota Serang mulai melakukan pembinaan ke arah Digital marketing. Dengan berkoordinasi dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Serang untuk pembuatan website-nya.

“Karena Kota Serang itu kewenangannya membina usaha mikro, dan tahun ini Kota Serang akan melakukan pembinaan ke arah digital marketing, yang disosialisasikan oleh kami untuk pelaku UMKM. Nantinya mereka bisa mempromosikan produknya di website,” ujarnya, Selasa(11/2/2020).

Saat ini, Anne menjelaskan, ada beberapa produk lokal unggulan UMKM binaan Kota Serang. Diantaranya, kue satu, kue bangkit, dan batik keraton yang sudah dikenal oleh banyak orang, baik Kota Serang maupun luar Kota Serang. “Tapi kalau yang sudah diakui skala nasional itu ada sate bandeng,” ucapnya.

Sementara, untuk pemasaran, pihaknya saling berkoordinasi dengan bidang industri dan promosi. Kemudian, beberapa pameran dan sosialisasi kepada pelaku usaha. “Tahun ini memang ada beberapa agenda pameran. Untuk pembinaan dan pengembangan usaha, kami melakukan koordinasi dengan bidang industri, juga ada pelatihan fotografi dan mengundang pengusaha online,” ujarnya.

Untuk mendorong, produk para pelaku usaha, pihaknya memfokuskan sosialisasi dan pembinaan. Hal ini dilakukan agar usaha mereka bisa mandiri dan mempromosikan produknya masing-masing. Kemudian, dari segi kualitas, perizinan, sertifikasi halal, serta Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) pun harus sesuai.

“Memang dengan syarat produk mereka berkualitas, kemudian kami adakan kurasi, mana UKM yang sudah layak untuk dibantu promosi produknya, baik dari segi kualitas, perizinan, sertifikasi halal, dan lain-lain. Sampai dengan kelayakan pengemasan Jadi mereka mampu bersaing sendiri,” katanya.

Untuk kendalanya sendiri, Ia menjelaskan, seputar masalah permodalan dan pemasaran. “Maka kami ubah mindset mereka, jangan harus punya modal banyak baru bisa jualan. Padahal kalau online, promosi mereka bagus, barang mereka berkualitas mereka bisa menyiasatinya. Bisa pakai strategi marketingnya yang penting berani memulai,” ujarnya.

Wakil Wali Kota Serang Subadri Usuludin mengatakan, Pemkot Serang akan mendukung keberadaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kota Serang, terutama yang berfokus pada ciri khas daerah. “Pada intinya, kami sangat mendukung penuh keberadaan UMKM yang ada di Kota Serang. Terlebih UMKM tersebut mengangkat ciri khas daerah,”ujarnya.

Dalam menjalankan kegiatan usaha, ucap dia, dibutuhkan keuletan dan konsistensi. Sebab, dalam membangun usaha tidak cukup hanya dalam waktu yang singkat. “Mungkin ini yang menjadi kekurangan dari masyarakat Kota Serang. Mereka itu sedikit gampang bosenan. Jadi untuk membangun usaha harus ulet dan konsisten, meski pun pada awalnya itu sulit,” ucapnya.

Ia juga menjelaskan, dalam mengenalkan suatu produk, selain rasa yang enak, pengemasan dan pemasaran pun harus yang baik dan menarik. “Kalau kemasannya sudah menarik, maka selanjutnya itu bagaimana memasarkan produk dengan baik. InsyaAllah usahanya jadi dapat berkembang,”ucapnya. (Dhe/Red)