Beranda Kesehatan Disnakeswan Kabupaten Lebak Periksa Ribuan Hewan Kurban

Disnakeswan Kabupaten Lebak Periksa Ribuan Hewan Kurban

Kepala Disnakeswan Kabupaten Lebak Rahmat Yuniar saat melakukan pemeriksaan hewan kurban. (foto: Sandi/Bantennews)

LEBAK – Menjelang Hari Raya Idul Adha, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Kabupaten Lebak memeriksa ribuan hewan kurban di beberapa lapak hewan di Kabupaten Lebak.

Kepala Disnakeswan Lebak Rahmat Yuniar mengatakan, pemeriksaan hewan kurban untuk memastikan kesehatan hewan kurban saat disembelih pada Hari Raya Idul Adha.

“Pemeriksaan hewan kurban ini dimulai dari 20 Mei 2024 hingga hari raya Idul Adha. Minimal sampai tanggal 16 Juni 2024,” kata Rahmat Yuniar saat dihubungi Sabtu (8/6/2024).

Ia mengungkapkan, pemeriksaan hewan kurban dilakukan pada semua hewan kurban, di antaranya kerbau, sapi dan kambing pada setiap pemilik usaha dan penjual hewan kurban. Hingga saat ini Disnkeswan melakukan pemeriksaan hewan kurban secara intensif agar terbebas dari penyakit mulut dan kuku (PMK), antraks, serta Lumpy Skin Disease (LSD).

“Hingga saat ini ada sekitar 2.326 ekor hewan kurban berupa sapi, kerbau, kambing yang diperiksa, dan kesemuanya itu semuanya sehat dan siap untuk hari raya Idul Adha nanti,” ujarnya.

Sementara itu, pemilik peternakan hewan mengungkapkan selama pemeriksaan yang dilakukan oleh petugas Disnakeswan, hewan kurban di tempatnya dalam kondisi aman.

“Alhamdulillah kondisi hewan kurban semuanya aman, tidak ada yang terkena penyakit PMK dan lainnya,” ujarnya.

Ia menambahkan, saat ini permintaan hewan kurban di tempatnya cukup tinggi terutama untuk sapi dan kambing yang sudah di pesan jauh-jauh hari.

“Kebanyakan di sini hewan kurban pesanan, jadi Alhamdulillah semuanya selalu dirawat dan dijaga dengan baik,” ucapnya. (San/Red)

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News