Beranda Pemerintahan Disnaker Kabupaten Tangerang Buat Sistem Pencarian Kerja Online

Disnaker Kabupaten Tangerang Buat Sistem Pencarian Kerja Online

Ilustrasi - foto istimewa google.com

KAB. TANGERANG – Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Tangerang berupaya memudahkan warga mendapat pekerjaan, salah satunya dengan dilakukan berbasis daring atau online.

Kemudahan tersebut berupa layanan pembuatan AK-1 dan Job Fair (bursa kerja) berbasis daring. Selain itu, peningkatan keterampilan atau keahlian dilakukan melalui pelatihan di Balai Latihan Kerja (BLK)

“Kami memudahkan para pencari kerja dalam pembuatan AK-1 yang dapat dilakukan secara online, kartu tersebut nantinya dapat dicetak dari rumah masing-masing,” ujar Kepala Bidang Penempatan dan Perluasan Kesempatan Kerja Disnaker Kabupaten Tangerang, Iis Kurniati dalam keterangannya, Jumat (5/11/2021).

Iis menyatakan demi menekan angka pengangguran, pihaknya juga mengadakan event Job Fair Online yang dalam waktu dekat akan diselenggarakan 9 November 2021. Sekitar 25 perusahaan ikut bergabung dalam event tersebut.

Peserta dapat mengikuti kegiatan tersebut melalui Youtube dengan syarat peserta diharuskan membuat akun SiapKerja terlebih dahulu, lalu mengunggah data diri yang disertai surat lamaran, CV dan lainnya. Nantinya peserta dapat menonton Youtube pada waktu yang ditentukan dan setelah itu peserta dapat mengirim lamaran melalui aplikasi ke perusahaan yang diminati.

Berdasarkan data hingga September, angka pencari kerja yang terdata pada Disnaker sekitar 32.212 orang. Sedangkan, jumlah lowongan kerja sekitar 14.721 dan jumlah penempatan sekitar 12.929.

Selain program tersebut, Disnaker Kabupaten Tangerang juga mengadakan pelatihan oleh BLK untuk meningkatkan kompetensi para pencari kerja.

“Program ini dibuat agar nantinya para pencari kerja lebih siap di dunia kerja ataupun dapat membuka usaha yang mereka kelola sendiri,” jelasnya.

Iis berharap program tersebut bermanfaat bagi para pencari kerja sehingga nantinya dapat menekan angka pengangguran di Kabupaten Tangerang.

(Ril/Red)