Beranda Pemerintahan Disdukcapil Kota Serang Terus Dorong Migrasi Kartu Identitas ke KTP Digital

Disdukcapil Kota Serang Terus Dorong Migrasi Kartu Identitas ke KTP Digital

Kepala Disdukcapil Kota Serang Dul Barid.

SERANG – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Serang terus berupaya meningkatkan capaian KTP digital (KTP Digi). Hingga 31 Oktober 2023, capaian KTP digital di Kota Serang telah mencapai 2,3 persen dari target 25 persen yang ditetapkan oleh pemerintah pusat.

Kepala Disdukcapil Kota Serang Dul Barid mengatakan, pihaknya terus melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan capaian KTP digital. Salah satunya dengan melakukan sosialisasi dan jemput bola ke tempat-tempat keramaian, seperti sekolah dan pasar.

“Kami yakin untuk pemula-pemula ini sudah punya android, jadi kita prioritaskan untuk yang pemula. Dan kami lakukan bukan di jam jam kantor saja tapi kami lakukan di hari libur dengan program METU yaitu melayani tanpa batas waktu,” ujar Dul Barid, Selasa (31/10/2023).

Selain itu, Disdukcapil Kota Serang juga membuka loket khusus untuk layanan KTP digital di kantornya. Hal ini bertujuan untuk mempermudah layanan dan mempercepat pelayanan KTP digital.

Meskipun telah melakukan berbagai upaya, Dul Barid mengakui masih ada beberapa kendala yang dihadapi dalam penerapan KTP digital di Kota Serang. Kendala tersebut antara lain pemahaman masyarakat yang masih kurang, sebagian masyarakat yang belum memiliki perangkat Android, dan belum terakomodirnya KTP digital di berbagai layanan.

“Saya harap ini kepada teman-teman dari BUMD/BUMN atau swasta bahwa ketika ada pelayanan di masyarakat atau pemohon memberikan informasi terkait dengan KTP digital melalui Android ini harus sudah diterima,” ujar Dul Barid.

Dul Barid mengimbau kepada warga Kota Serang untuk beralih dari KTP fisik menjadi KTP digital. Menurutnya, KTP digital memiliki manfaat dan fungsi yang sama dengan KTP fisik, tetapi lebih praktis dan kerahasiaannya terjamin.

“KTP digital ini manfaatnya dan fungsinya sama, lebih praktis dan kerahasiaannya terjamin,” ujar Dul Barid. (Dhe/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News