Beranda Bisnis Dirut PT Krakatau Steel Ditentukan Besok, Ini Harapan Kadin Cilegon

Dirut PT Krakatau Steel Ditentukan Besok, Ini Harapan Kadin Cilegon

Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Cilegon, Sahruji. (doc.pribadi)

CILEGON – Calon Direktur Utama (Dirut) PT Krakatau Steel (KS) yang akan terpilih dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada Rabu (18/1/2023) besok diharapkan adalah figur yang memiliki komitmen kuat terhadap kesejahteraan masyarakat lingkungan, khususnya Kota Cilegon, daerah tempat pabrik baja nasional itu berproduksi.

Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Cilegon, Sahruji mengungkapkan, salah satu hal yang konkret untuk terciptanya kesejahteraan itu yakni dengan adanya komitmen perseroan dalam memberikan kesempatan kerja yang lebih luas bagi tenaga kerja lokal.

“Saya tidak mendukung siapa yang harus jadi, tapi harapan saya, siapa pun Dirut yang terpilih nanti adalah figur yang dapat memberikan manfaat besar bagi masyarakat Kota Cilegon. Figur yang mampu berkomitmen dalam mensejahterakan masyarakat, melalui peluang kerja bagi tenaga kerja lokal yang lebih luas, mampu melakukan pembinaan bagi pengusaha lokal, dan memberikan peluang usaha yang lebih luas bagi pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah),” ujarnya kepada BantenNews.co.id, Selasa (17/1/2023).

Sahruji berharap, melalui keberadaan BUMN yang turut berkontribusi pada kesejahteraan masyarakat, niscaya hal itu akan berdampak pula pada peningkatan kualitas SDM yang lebih baik sesuai dengan amanat yang tertuang dalam alinea keempat Pembukaan UUD 1945 yang menyatakan bahwa tujuan NKRI salah satunya adalah mencerdaskan kehidupan bangsa.

“Dengan jumlah pengangguran yang berkurang, maka angka kemiskinan pun dapat ditekan, yang secara otomatis hal itu juga akan berdampak pada taraf hidup dan pendidikan masyarakat yang lebih baik. Tidak ada lagi kasus anak-anak yang putus sekolah, karena perekonomian keluarganya yang sudah membaik. Nah dari situlah akan lahir pula SDM yang lebih kompetitif di Kota Cilegon karena masyarakatnya telah memperoleh kualitas pendidikan yang lebih baik. Cuma yang terlihat dengan mata kepala saya hari ini, Cilegon yang katanya daerah nomor 4 terkaya se Indonesia, masih banyak kemiskinan dan pengangguran,” papar Ketua DPC Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kota Cilegon ini.

Teka teki siapa sosok pengganti jabatan Silmy Karim yang sejak 4 Januari lalu resmi telah menjabat sebagai Direktur Jenderal Imigrasi akan terjawab pada RUPSLB yang akan dihelat di Gedung Krakatau Steel, Jalan Jenderal Gatot Subroto, Jakarta Selatan besok.

“Persiapannya ya biasa saja sesuai ketentuan OJK, karena KS perusahan tbk. Nama kandidat sepenuhnya kewenangan dari Kementerian BUMN, akan disampaikan besok pada saat RUPS.
(Perkiraan sosok Dirut terpilih-red) Gimana Kementerian saja, kewenangannya di sana,” ungkap Corporate Secretary PT KS, Pria Utama.

Rencananya, sejumlah mata acara telah disusun dalam RUPSLB tersebut. Di antaranya yakni persetujuan perubahan susunan pengurus perseroan termasuk perubahan nomenklatur jabatan anggota Direksi Perseroan dalam rangka restrukturisasi dan holding perseroan, serta laporan perkembangan transformasi bisnis dan pelaksanaan program inisiatif strategis lanjutan dalam rangka restrukturisasi dan holding perseroan.

(dev/red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini