Beranda Peristiwa Dirusak, Alat Pemantauan Aktivitas Gunung Anak Krakatau Tak Berfungsi

Dirusak, Alat Pemantauan Aktivitas Gunung Anak Krakatau Tak Berfungsi

Foto istimewa

SERANG – Alat pemantauan aktivitas Gunung Anak Krakatau (GAK) tak berfungsi akibat baterai alat tersebut dicuri orang tak bertanggung jawab. Itu diketahui saat petugas dari Pusat Vulkanologi Mitigasi dan Bencana Geologi (PVMBG) melakukan perawatan.

Deni Petugas PVMBG Pasauran mengatakan, pihaknya melakukan perawatan dan pemeliharaan peralatan pemantau Gunung Anak Krakatau Pada Minggu 14 Oktober 2018 lalu. Hal ini dilakukan karena beberapa hari terakhir, peralatan tersebut tidak berfungsi dengan baik sehingga tidak dapat melakukan perekaman dan pengiriman data aktivitas vulkanik Gunung Anak Krakatau.

“Pemeliharaan yang dilakukan berada di 2 titik stasiun yaitu stasiun lava dan stasiun Krakatau1. Hasil pengecekan di lapangan, ternyata penyebab kerusakan tersebut adalah accu atau baterai yang berfungsi untuk menghidupkan dan menjalan alat pemantau telah hilang,” ujarnya melalui siaran tertulis, Rabu (17/10/2018).

Foto istimewa

Selain baterai yang hilang, kata dia, tim juga mendapati kabel-kabel alat pemantauan telah terpotong.

“Serta peralatan yang berada di dalam bunker telah berantakan dan berhamburan,” ungkapnya.

Dia menyatakan bahwa jelas tindakan tersebut perbuatan orang tak bertanggung jawab.

“Mereka melakukan pencurian dan perusakan peralatan pemantau aktivitas Gunung Anak Krakatau. Mereka tidak menyadari betapa penting peralatan tersebut untuk tetap berfungsi sehingga dapat memberikan data dan informasi kepada masyarakat sebagai bentuk peringatan dini bahaya erupsi Gunung Anak Krakatau,” ujarnya. (Man/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini