Beranda Nasional Dirjen Dukcapil Kirimkan 2,5 Juta Keping Blanko e-KTP ke Seluruh Daerah

Dirjen Dukcapil Kirimkan 2,5 Juta Keping Blanko e-KTP ke Seluruh Daerah

Ilustrasi - foto istimewa merdeka.com

JAKARTA – Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Dirjen Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri akan mengirimkan 2,5 juta keping blangko e-KTP ke seluruh daerah untuk mengantisipasi kekurangan di berbagai daerah.

Pembagian jutaan keping blangko e-KTP ini akan dibagi dalam dua tahap.

“Besok tanggal 27 (November) setelah Rakor (Rapat Koordinasi) ini ditutup, Dukcapil akan membagi kurang lebih 1 juta keping ke seluruh Indonesia,” kata Dirjen Dukcapil Zudan Arif Fakrullah di Ancol Taman Impian, Pademangan, Jakarta Utara, Senin (25/11/2019) malam.

Sementara pengiriman blangko yang kedua harus menunggu persetujuan dari DPR RI dalam penggeseran anggaran dari komponen-komponen di kementerian.

Adapun pembagiannya akan disesuaikan dengan jumlah penduduk masing-masing daerah.

“Jadi daerah yang berpenduduk  besar kita beri 4.000, daerah yang daerah penduduk kecil di bawah 500.000 (orang) kita berikan 1.000,” ucap Zudan.

Nantinya, 2,5 juta blangko itu akan digunakan hingga akhir Desember 2019

Dalam kesempatan itu, Kemendagri juga meluncurkan anjungan dukcapil mandiri (ADM).

Alat yang diresmikan Mendagri Tito Karnavian ini berfungsi agar warga bisa mencetak sendiri kartu identitasnya, termasuk e-KTP.

Saat meresmikan, Tito juga sempat memeragakan pembuatan E-KTP dengan alat tersebut.

Di atas panggung, ia tampak menekan-nekan layar sentuh pada ADM. Setelah itu, dalam beberapa menit, E-KTP baru Tito berhasil dicetak dan dipamerkannya kepada hadirin.

“Tadi saya sudah coba sendiri, lebih kurang 1,5 menit sudah bisa dilakukan dengan cepat, ini terobosan bagus,” tutur Tito. (Red)

 

Sumber : Kompas.com