Beranda Sosial dan Budaya Direvitalisasi, Pengunjung Banten Lama Meningkat

Direvitalisasi, Pengunjung Banten Lama Meningkat

550
0
Pengunjung di Kawasan Kesultanan Banten. (Yaya/magang)

SERANG – Kawasan eks Kesultanan Banten yang terletak di Kelurahan Banten, Kecamatan Kasemen, Kota Serang ini telah menjadi ikon sekaligus tempat destinasi wisata Banten selama bertahun–tahun. Di kawasan ini, pengunjung bisa melakukan berbagai macam kegiatan seperti berziarah, serta melihat bukti–bukti bersejarah Kesultanan Banten.

“Pengunjung yang ziarah ke makam Sultan Hasanudin atau sultan Banten di kawasan Banten Lama ini meningkat setelah kawasan tersebut direvitalisasi oleh pemerintah provinsi. Hari biasa saja tempat ini selalu ramai, apalagi pada hari Minggu dan Kamis malem sudah pasti padat banget, tapi kebanyakan pengunjung berasal dari luar kota,” ujar Asep, petugas ziarah di Kawasan Banten Lama, Jumat (25/10/2019).

Hal ini bisa dilihat dari ramainya pengunjung yang memadati pemakaman ke kawasan Kesultanan Banten seperti makam Maulana Hasanudin dan makam para sultan yang lain, seperti makan Sultan Ageng Tirtayasa. Tempat penziarah yang sangat popular ini terletak di sisi utara Masjid Agung. Makam sultan pertama Banten itu terdapat dalam ruangan, dan makam para pengawal serta kerabat lainnya berada di luar ruangan.

Warga  Cilegon, Ampi Toseh mengatakan, berziarah ke makam  Maulana Hasanudin dan makam–makan lainnya yang ada di Masjid Agung bersama keluarga besar dilakukan setiap bulan. Selain berziarah, juga untuk memberikan pengetahuan kepada anggota keluarga yang lain tentang makam yang berada di kawasan tersebut.

“Ini sudah merupakan rutinitas keluarga  satu bulan sekali, selain bersilaturahmi dengan keluarga, sekaligus berziarah mendo’akan para kesepuhan Banten dan untuk mengenang perjuangan serta memberikan doa bagi keluarga Sultan Maulana Hasanuddin,” tutur Ampi Toseh. (Yaya/magang/red)