Beranda Pemerintahan Dinsos Banten Luncurkan Kartu Multiguna

Dinsos Banten Luncurkan Kartu Multiguna

698
0
Pemerintah Provinsi Banten melalui Dinas Sosial Provinsi Banten berikan penyaluran bantuan sosial untuk masyarakat Banten dan lauching kartu multi guna Provinsi Banten, penyaluran tersebut dilakukan di Gelanggang Olahraga Remaja (GOR), Maualana Yusuf, Ciceri, Kota Serang, Selasa (28/8/2018). (Foto: Ade/bantennews.co.id)

SERANG – Pemerintah Provinsi Banten melalui Dinas Sosial Provinsi Banten memberikan penyaluran bantuan sosial untuk masyarakat Banten dan launching kartu multiguna Provinsi Banten, penyaluran tersebut dilakukan di Gelanggang Olahraga Remaja (GOR), Maulana Yusuf Ciceri, Kota Serang, Selasa (28/8/2018).

Kepala Dinas Sosial Provinsi Banten, Nurhana mengatakan, pemerintah Provinsi Banten sangat konsen dan memiliki komitmen penuh dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial baik melalui kebijakan koordinasi dan dukungan anggaran yang dituangkan dalam program kegiatan.

“Dukungan ini merupakan bentuk komitmen dan sinergitas antara pemerintah Provinsi Banten dan Pemerintah Pusat dalam percepatan penanggulangan kemiskinan sebagaimana amanat peraturan Presiden RI nomer 96 tahun 2015 Jo peraturan Presiden nomer 15 tahun 2010 tentang percepatan penanggulangan kemiskinan,” ujarnya.

Ia melanjutkan, dalam mekanisme penyaluran bantuan sosial pun Pemerintah Provinsi Banten sejalan dengan Pemerintah Pusat sebagaimana amanat Peraturan Presiden nomor 63 tahun 2017 tentang Penyaluran Bantuan Sosial Secara Non Tunai.

“Dalam rangka menyalurkan gerakan nasional non tunai 2017 Pemprov Banten telah melaksanakan penyaluran bantuan sosial melalui mekanisme non tunaipun demikian pada tahun ini dilaksanakan secara non tunai melalui lembaga perbankan, ini juga sejalan dengan semangat Inpres nomor 10 tahun 2016 tentang aksi pencegahan dan pemberantasan korupsi dimana bantuan sosial yang diberikan langsung ke rekening para penerima bantuan hingga diharapkan bantuan sosial dapet berjalan transparan dan akuntabel,” ujarnya.

Lanjut dia, bahwa gerbang pembayaran nasional atau GPN atau disebut juga National Payment Gateway merupakan terobosan pemerintah untuk menghapus sekat-sekat yang selama ini diciptakan melalui peraturan dari masing-masing bank. Untuk mengakses kebutuhan perbankan maupun transaksi hanya bisa dilakukan pada bank yang sama, dengan GPN transaksi dapat dilakukan di seluruh perbankan, cetakan Kartu Multiguna versi Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) terbaru akan disematkan logo GPN dengan bentuk Garuda Putih pada Kartu Multiguna.

“Di tahun 2018 Penyaluran non tunai ini kami berkerja sama dengan dua perbankan yaitu Bank Banten dan Bank BJB, untuk Bank Banten penyaluran Jamsosratunya di Kota Serang, Kabupaten Serang, dan Kota Cilegon, sedangkan Bank BJB menyalurkan Bantuan Jaminan Sosial Lanjut Usia (JSLU), kebutuhan Jaminan Kebutuhan Dasar Anak, Bantuan Panti Rehabilitas, JSODK dan Jamsosratu untuk Kabupaten Lebak, Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang Selatan dan Kota Tangerang,” ucapnya.

Sedangkan Kepala Seksi Jaminan Sosial Keluarga, Budi Darma menambahkan, bahwa saluran bantuan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat, untuk menggunakan sarana pembayaran non tunai dalam melakukan transaksi keuangan, yang tentunya mudah, aman dan efisien.

“Pembagian bantuan secara non tunai ini juga untuk meminimalisir penyimpangan, bantuan secara non tunai sekaligus merupakan efisiensi dan efektif anggaran APBD karena pihak perbankan dalam menyalurkan bansos non tunai sama sekali tidak membebankan biyanya baik pada Pemprov Banten maupun menerima manfaat,” tuturnya.

Dari itu untuk menerima bantuan, lanjut Budi, sebanyak 29.412 RTS yang tersebar di 8 Kabupaten/Kota dengan Besar Bantuan untuk masing-masing sebesar Rp1.665.000 per RTS pertahun yang dibayarkan 2 kali dalam satu tahun untuk tahapan I ini sebesar Rp1.000.000 dan tahapan II sebesar Rp665.000.

“Pada hari ini selain penyaluran bantuan jamsosratu untuk wilayah Kota Serang dari total penerima bantuan sebanyak 1.500 RTS dan yang disalurkan 1.000 RTS ini kami lakukan launching Kartu Multiguna Versi Gerbang Pembayaran Nasional (GPN). Dari penyaluran bantuan Jamsosratu harus dimanfaatkan dengan sebaik-sebaiknya gunakan uang bantuan untuk pemenuhan kebutuhan pangan sehari-hati atau bisa juga untuk membeli keperluan anak sekolah, transport untuk mengakses layanan pendidikan dan sehatan intinya jangan dibelanjakan kepada sesuatu yang tidak baik atau tidak bermanfaat,” ujarnya. (Dhe/Red).