Beranda Kesehatan Dinkes Target 1,6 Juta Warga Banten Divaksin

Dinkes Target 1,6 Juta Warga Banten Divaksin

SERANG – Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Banten hingga saat ini terus berupaya mempercepat proses vaksinasi bagi masyarakat di Banten. Bahkan, Dinkes sendiri menargetkan 1,6 juta warga Banten dapat vaksinasi pada akhir Juli ini.

Berdasarkan data vaksinasi, hingga 15 Juli 2021, total masyarakat yang sudah tervaksinasi sebanyak 1.251.746 orang, atau hanya menyisakan 348.254 warga Banten yang belum tervaksinasi dari target yang ditetapkan pemerintah pusat yaitu 1,6 juta warga Banten.

Kepala Dinkes Provinsi Banten, Ati Pramudji Hastuti mengatakan, hingga kemarin, Jumat (15/7/2021), masyarakat yang sudah mendapatkan vaksinasi sebanyak 1.251.746 orang. Pihaknya juga menargetkan penyelesaian vaksinasi dapat selesai pada akhir Juli ini.

“Jadi masih ada sekitar 300 ribuan yang belum divaksinasi dari target yang ditetapkan oleh pemerintah pusat. Rencananya akhir Juli nanti kita harus sudah bisa mencapai 1,6 juta jiwa,” kata Ati.

“Meskipun ditargetkan pemerintah pusat angka 1,6 juta ini sudah harus dicapai sebelum 17 Agustus 2021. Tapi kami bertekad bagaimana pelaksanaan harus lebih cepat lebih baik. Apalagi di PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) Darurat ini kita percepat pelaksanaan vaksinasi,” sambungnya.

Meski begitu, lanjut Ati, untuk mencapai tingkat imunitas tinggi target yang ditetapkan tidaklah cukup. Hal itu lantaran, dalam mencapai imunitas tinggi vaksinasi harus mencapai 8 juta penduduk Banten.

“Artinya dengan 1,6 ini ini kita ngga berhenti sampai disitu. (Target) 1,6 juta ini tahap pertama, (nanti) ada tahap kedua dan ketiga untuk Banten, tapi untuk tahap pertama pengadaan vaksin 1,6 juta,” ujarnya.

Untuk itu, Ati mengaku, pihaknya membuka diri bagi semua pihak yang ingin melaksanakan vaksinasi.

“Upaya yang dilakukan (kita) secara masif dilakukan di delapan kabupaten/kota.  Kita kerjasama dengan semua pihak yang ingin melaksanakan vakasinasi, kita membuka diri. Dengan harapan akhir Juli kita bisa tercapai asalkan vaksinnya lancar. kita bergantung vaksin dari pusat,” tandasnya. (Mir/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini