Beranda Advertorial Dinkes Sebut Jumlah Dokter di Banten Cukup

Dinkes Sebut Jumlah Dokter di Banten Cukup

Kepala Dinkes Provinsi Banten Ati Pramudji Hastuti.

SERANG – Jumlah dokter di Banten sudah mencukupi sesuai standar yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Banten dr Ati Pramudji Hastuti.

Ati menyebutkan, jumlah dokter di Banten saat ini sekira 6.800 orang, sebarannya masih terpusat di wilayah Tangerang Raya yakni Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan.

“Secara distribusi ini belum merata, semua teralokasi di wilayah Tangerang Raya,” ujar Ati, Selasa, 8 Agustus 2023.

Untuk di wilayah Kota dan Kabupaten Serang, Kabupaten Pandeglang, dan Kabupaten Lebak, lanjut Ati, masih sedikit dan belum memenuhi standar. Untuk itu, Banten masih tetap memerlukan dokter terutama dokter spesialis.

Mantan Direktur RSUD Kota Tangerang itu mencontohkan, di Kabupaten Pandeglang hanya ada 20 orang dokter spesialis dinilai tidak memenuhi standar apabila dibandingkan dengan rasio jumlah penduduknya.

Berdasarkan Permenkumham Nomor 34 Tahun 2016, untuk memenuhi target hak atas kesehatan masyarakat, setiap daerah harus memiliki 1 dokter spesialis untuk melayani 2.500 penduduk.

“Dokter spesialis di Banten sekitar 1.600-an, tapi semua menumpuk di sana (Tangerang Raya-red),” ungkap Ati.

Mengatasi hal itu, Pemprov Banten tekah bekerja sama dengan Fakultas Kedokteran Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta), yang menjadikan RSUD Banten sebagai umah sakit pendidikan.

Kata Ati, sebanyak 40 lulusan dari Fakultas Kedokteran Untirta telah praktik di RSUD Banten.

Ati berharap para dokter itu akan menjadi dokter spesialis dan bertugas di Provinsi Banten, terutama di daerah yang masih kekurangan dokter. (ADV)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini