Beranda Advertorial Dinkes Provinsi Banten Mendirikan Posko Kesehatan di Pelabuhan Merak dan Bandara Soetta

Dinkes Provinsi Banten Mendirikan Posko Kesehatan di Pelabuhan Merak dan Bandara Soetta

Kepala Dinas Kesehatan Banten Ati Pramudji Hastuti (tengah) saat memberikan keterangan pada wartawan.

SERANG – Dinas Kesehatan Provinsi Banten pada arus mudik Idul Fitri tahun 2022 ini mendirikan Posko Kesehatan di Pelabuhan Penyeberangan Merak, Kota Cilegon dan di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) Tangerang.

Kepala Dinkes Provinsi Banten, Ati Pramudji Hastuti mengatakan untuk di Pelabuhan Merak tersedia 4 posko kesehatan. Dimana 3 posko berada di areal pelabuhan dan satu di kantor KKP.

Sedangkan untuk di Soetta ada 1 posko gabungan (kombata) di terminal 1 Bandara Soetta. Di tiap terminal poskes KKP juga difungsikan sebagai posko arus mudik (T1, T2D, T2E, T3dom, T3int).

“Untuk (posko kesehatan) di Soetta itu ada di terminal 1, 2 dan 3 dan di Kantor KKP Soetta,” kata Ati, Selasa (26/4/2022). Ati menjelaskan, selain posko kesehatan di pelabuhan dan bandara, pihaknya bersama Dinkes kabupaten/kota juga membuat posko pengendali.

Untuk di Banten Posko Kesehatan itu terdiri dari satu posko kendali utama yaitu Dinkes Provinsi Banten dan delapan posko kendali kab/kota. Selain itu 247 puskesmas jaga dijadikan posko utama siaga arus mudik, kemudian ada posko tambahan atau posko lapangan untuk Dinkes dan KKP dengan total 60 posko yg tersebar di delapan kab/kota,” jelas Ati.

Ati juga memastikan, seluruh rumah sakit di Banten tetap dijadikan sebagai rumah sakit rujukan bagi masyarakat atau pemudik yang memerlukan pelayanan kesehatan lebih lanjut. Ditambahkan, Dinkes Banten memiliki public safety center (PSC) 199, berupa unit kerja sebagai wadah koordinasi untuk memberikan pelayanan ambulans gawat darurat secara cepat, tepat dan cermat bagi masyarakat secara 24 jam sehari secara terus menerus. “Kita juga memiliki ambulans keliling yang disebar sebanyak 20 ambulans keliling yang siap standbay jika terjadi kegawatdaruratan dan melakukan rujukan,” sambungnya.

Diketahui, posko kesehatan Dinkes Provinsi Banten berada di depan Dermaga 4 Pelabuhan Penyeberangan Merak. Selain melayani persoalan kesehatan, posko tersebut juga melayani vaksinasi baik dosis pertama, kedua ataupun dosis lanjutan atau booster. Tidak hanya itu, Dinkes Banten juga memfasilitasi pemudik untuk pemeriksaan antigen secara gratis.

(ADV)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini