Beranda Kesehatan Dinkes Kota Tangerang Sebut Mayoritas Warga yang Isoman Telah Sembuh dari Covid-19

Dinkes Kota Tangerang Sebut Mayoritas Warga yang Isoman Telah Sembuh dari Covid-19

Ilustrasi - foto istimewa

TANGERANG – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang menyebut sebagian besar warga yang menjalani isolasi mandiri (isoman) lantaran terpapar virus Covid-19 kini telah sembuh.

Hal itu dikatakan Kepala Dinkes Kota Tangerang Dokter Liza Puspadewi. Menurutnya, tingkat kesembuhan warga yang isoman saat ini sudah mencapai 98 persen.

Menurut Liza, kepastian itu berdasarkan aplikasi SiLacak dan Sirona, yang mencatat untuk kesembuhan Orang Tanpa Gejala (OTG) atau Isoman di rumah, angkanya mencapai 98 persen, sesuai petunjuk teknis (Juknis) Kemenkes yang sudah menjalani Isoman lebih dari 10 hari.

“Sedangkan yang berpindah dari kondisi OTG atau ringan menjadi berat dan kritis itu hanya satu hingga dua persen saja,” ujat Liza, Kamis (29/7/2021).

Dilanjutkan Liza, Ia mengatakan, warga Kota Tangerang yang mengalami OTG kebanyakan lebih memilih isoman di rumah masing-masing. Hal itu lantaran mereka sudah dapat pengawasan dan obat-obatan dari Puskesmas.

Menurut Kemenkes, jelas Liza, 90 persen pasien di RS belum mengikuti vaksinasi. Banyaknya pasien yang Isoman di Kota Tangerang, kata dia, karena kondisinya yang ringan atau OTG. Se;ain itu juga karena sudah cukup banyak masyarakat Kota Tangerang yang sudah mendapat vaksin.

“Saya tegaskan, vaksin tidak menjanjikan tidak terpapar Covid-19, tapi menjanjikan efek Covid-19 yang lebih ringan. Hal itupun terbukti dengan kondisi pasien Covid-19 di Kota Tangerang saat ini,” pungkasnya. (Ihy/Red)