Beranda Kesehatan Dinkes Kota Tangerang Sebut Imunisasi PCV Bisa Cegah Pneumonia pada Bayi

Dinkes Kota Tangerang Sebut Imunisasi PCV Bisa Cegah Pneumonia pada Bayi

Imunisasi Bayi di Kota Tangerang - foto istimewa

TANGERANG – Dinas Kesehatan Kota Tangerang menggelar imunisasi Pnemococcal Conjugate Vaccine (PCV) pada anak secara gratis, untuk mencegah penyakit pneumonia.

Salah satunya, Puskesmas Cipondoh membuka layanan imunisasi PCV pada Selasa (13/9/2022). Bersamaan dengan jadwal imunisasi lainnya, pelayanan imunisasi selain di Puskesmas, masyarakat bisa mendapatkan di fasilitas posyandu di wilayah masing-masing.

Diketahui bahwa Kementerian Kesehatan menetapkan imunisasi PCV ke dalam Program Imunisasi Rutin Anak sebagai upaya pencegahan terhadap penyakit radang paru (pneumonia) pada anak yang diberikan 3 dosis pada saat bayi berusia 2, 3, dan 12 bulan.

“Kegiatan vaksin PCV atau Pnemococcal Conjugate Vaccine merupakan vaksin untuk mencegah penyakit pneumonia atau radang paru-paru pada bayi. Yang merupakan penyebab kematian tersebar di dunia dan terbesar di Indonesia.” ungkap Rizky Adiarti, Kepala Puskesmas Cipondoh dalam keterangannya.

Hari ini sebanyak 10 anak usia 2 bulan telah di suntik PCV. Salah satunya anak dari Lia Septiana yang mendapatkan vaksin PCV di Puskesmas Cipondoh.

“Alhamdulillah anak saya bisa mendapatkan vaksin PCV ini, sehingga dapat mencegah penyakit radang paru-paru. Apalagi penyakit itu (peunomia) kan rentan banget pada bayi yaa” ujarnya.

“Semoga dengan adanya vaksin PCV yang diberikan pemerintah secara gratis ini, bisa menekan angka kematian bayi akibat pneumonia. Dan dalam masa pandemi ini sangat bermanfaat bagi bayi, karena bayi tidak bisa mendapatkan vaksin covid. Sehingga paru-parunya bisa terjaga.” lanjut Rizky.

Masyarakat diharapkan dapat segera membawa anak-anaknya untuk mendapatkan imunisasi PCV. Karena imunisasi ini aman bagi anak-anak.

(Ril/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini