Beranda Pemerintahan Dinkes Kota Serang akan Buka Lowongan untuk Tenaga Promkes

Dinkes Kota Serang akan Buka Lowongan untuk Tenaga Promkes

77
0
Ilustrasi - foto istimewa doktersehat.com

SERANG – Kementerian kesehatan (Kemenkes) RI melayangkan surat kepada Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Serang terkait kebutuhan tenaga promosi kesehatan (Promkes) di Kota Serang. Dalam surat tersebut Kemenkes menyetujui kebutuhan Promokes diambil dari latar belakang bidang lain.

Sebab sebelumnya Dinkes Kota Serang sempat merekrut tenaga Promkes untuk di tempatkan di semua Puskesmas di Kota Serang. Namun hasilnya hanya di dapatkan 4 tenaga Promkes yang telah di tempatkan di beberapa kecamatan. Keempat tenaga yang diterima tersebut memiliki latar belakang pendidikan yang sesuai dengan bidangnya, namun sisanya tidak.

“Kemarin kan banyak yang mendaftar tapi tidak sesuai latar belakang pendidikannya. Hanya ada 4 tenaga Promkes yang sesuai dengan latar belakang pendidikannya,” kata Kepala Dinkes Kota Serang, Toyalis, Sabtu(7/7/2018).

Keempat tenaga Promkes tersebut, lanjutnya, kini di tempatkan di Puskesmas Sawah Luhur, Walantaka, Serang. Seluruhnya sudah mulai bekerja sejak bulan lalu. “Ya sudah di tempatkan di beberapa Puskesmas, satunya saya lupa Puskemas mana,” ujarnya.

Dia menjelaskan, sisanya masih ada Puskesmas yang belum memiliki tenaga Promkes. Sehingga pihaknya sempat mengajukan kepada Kemenkes untuk menyetujui pemenuhan tenaga Promkes yang berlatar belakang di bidang lain. Padahal sesuai petunjuk teknis (Juknis), tenaga Promkes harus memiliki latar belakang yang sesuai dengan bidangnya.

“Tapi kemarin kami sudah mendapat persetujuan dari Kemenkes terkait pemenuhan tenaga Promkes yang belum ada di Puskemas. Bisa diambil dari tenaga yang bukan berlatar belakang sarjana Promkes,” tuturnya.

Toyalis menjelaskan, sesuai dengan surat keputusan Kemenkes RI nomor PK.05.02/BN.III.3/4130/2017 terkait penerimaan tenaga Promkes di Puskemas apabila di wilayah kerja Dinkes Kota Serang tidak tersedia lulusan sarjana Promkes maka dapat merekrut tenaga Promkes dengan latar belakang sarjana kesehatan masyarakat. Sehingga kebutuhan tersebut nantinya dapat terpenuhi.

“Jadi bisa dengan latar belakang sarjana kesehatan masyarakat. Untuk saat ini belum dilakukan perekrutan kembali,” ucapnya.

Dia mengaku, sedang mempersiapkan pembukaan rekrutmen kembali untuk tenaga Promkes tersebut. Salah satu syarat utamanya yaitu lulusan sarjana kesehatan masyarakat maupun Promkes.

“Tapi nanti kami bicarakan dulu dengan panitia, kapan akan pembukaan kembali. Masih dipersiapkan,” ucapnya. (Dhe/Red)