Beranda Kesehatan Dinkes Kabupaten Tangerang Uji Bahan Pangan Jelang Akhir Tahun, Ditemukan Formalin dan...

Dinkes Kabupaten Tangerang Uji Bahan Pangan Jelang Akhir Tahun, Ditemukan Formalin dan Pewarna Tekstil

Dinkes Kabupaten Tangerang Uji Bahan Pangan Jelang Akhir Tahun

KAB. TANGERANG – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tangerang melakukan pengawasan keamanan pangan dengan melakukan uji cepat sederhana sampel pangan di Pasar Suvarna Sutera dan Pasar Tigaraksa Kabupaten Tangerang.

“Pengujian cepat sampel secara acak kami lakukan di Pasar Suvarna Sutera dan Pasar Tigaraksa. Hal ini untuk menjaga keamanan pangan yang beredar dipasar yang dapat dijangkau masyarakat,” ucap Administrator Kesehatan Sub Koordinator Farmasi dan Pengawasan Keamanan Pangan, Desi Tirtawati dalam keterangannya, Kamis (22/12/2022).

Desi menuturkan dari beberapa sampel yang diambil secara acak, masih ada pangan yang tidak memenuhi syarat dan diduga mengandung Formalin dan Rhodamin B (Pewarna Tekstil).

“Kami melakukan uji cepat terhadap 21 sampel pangan, 14 sampel dengan hasil memenuhi syarat dan 7 sampel tidak memenuhi syarat diduga mengandung formalin dan rhodamin B,” lanjutnya.

Sampel pangan yang tidak memenuhi syarat tersebut akan dilakukan pengawasan dan pembinaan terhadap pengelola pasar dan pedagang agar lebih berhati-hati menjual produk pangan yang akan dikonsumsi masyarakat.

“Tentunya kami akan berkoordinasi dengan pengurus pasar untuk membina dan mengawasi pedagang yang menjual pangan tersebut. Sehingga kami harap tidak ada lagi pangan yang mengandung bahan berbahaya tersebut dijual dipasar dan dikonsumsi masyarakat, ” tutup Desi Tirtawati.

(Ril/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini