Beranda Advertorial Dinkes Banten Sediakan Layanan Kesehatan Bagi Pemudik di Pelabuhan Merak

Dinkes Banten Sediakan Layanan Kesehatan Bagi Pemudik di Pelabuhan Merak

Dokter memberikan pelayanan kesehatan di posko kesehatan mudik Dermaga 4 Pelabuhan Merak. (IST)

CILEGON – Berikan pelayanan kesehatan, Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Banten membuka posko kesehatan bagi para pemudik di Pelabuhan Penyeberangan Merak, Kota Cilegon. Pendirian posko tersebut dilakukan untuk memfasilitasi para pemudik yang mengalami gangguan kesehatan.

Diketahui, posko kesehatan Dinkes Provinsi Banten berada di depan Dermaga 4 Pelabuhan Penyeberangan Merak. Selain melayani persoalan kesehatan, posko tersebut juga melayani vaksinasi baik dosis pertama, kedua ataupum dosis lanjutan atau booster.

Selain promosi kesehatan bagi pemudik, posko tersebut juga melakukan perlindungan antara lain melakukan pengawasan kesehatan lingkungan di tempat-tempat fasilitas umum seperti terminal, bandara, pelabuhan, stasiun dan pos-pos kesehatan lainnya. Penyediaan sarana cuci tangan pakai sabun yang mudah diakses serta penegakkan disiplin protokol kesehatan pada perilaku masyarakat yang berisiko dalam penularan dan tertularnya Covid-19 seperti berkerumun, tidak menggunakan masker, merokok di tempat fasilitas umum dan lain sebagainya.

Dokter jaga Posko Kesehatan Dinkes Provinsi Banten, Imam Adi Nugroho menjelaskan, posko tersebut disediakan untuk memfasilitasi pelayanan kesehatan berupa pengobatan bagi pemudik.

“Jadi apabila ada pemudik yang sakit, mual, muntah, diare, kami menyediakan (pengobatan) di sini. Kami sediakan obatnya dan pemeriksaan kesehatan juga,” jelas Imam saat ditemui Bantennews.co.id, Senin (25/4/2022).

Imam Adi Nugroho. (IST)

Selaim itu, Imam mengatakan, pihaknya juga melaksanakan vaksinasi bagi para pemudik. “Kita sediakan fasilitas veksinasi bagi pemudik yang belum melakukan vaksinasi (dosis) satu, dua dan tiga. Jasi kalau belum (vaksin) booster juga bisa di sini,” katanya.

Lebih lanjut, Imam mengaku, pihaknya juga melayani pemudik yang mengalami kecelakaan.

“Kalau (ada) kecelakaan, desek-desekan, jatuh dari motor. Atau naik tangga kesikut orang (lalu jatuh) kita juga sediakan untuk layanan tersebut,” ujarnya.

Saat ditanya apakah ada syarat khusus bagi pemudik yang ingin melakukan medical check up di Posko Kesehatan Dinkes Banten, Imam mengaku, tidak ada syarat khusus yang diberikan.

“Kita hanya mendata saja. Kita juga ngga memilah-memilih ini warga Banten atau luar Banten. Tapi kita fasilitasi layanan kesehatan mereka,” ucapnya. (ADV)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini