Beranda Advertorial Dinkes Banten Minta Warga Waspada ISPA

Dinkes Banten Minta Warga Waspada ISPA

Kepala Dinkes Banten Ati Pramudji Hastuti.

SERANG – Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Banten mengimbau warga agar waspada terhadap infeksi saluran pernapasan atas (ISPA). Hal itu menyusul perubahan iklim El Nino yang terjadi Agustus-September 2023.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Banten Ati Pramudji Hastuti mengatakan, perubahan iklim El Nino memicu terjadinya kemarau panjang. Ati mengajak masyarakat mengutamakan budaya perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dan menjaga kebersihan lingkungan dengan menggunakan air bersih.

Selain itu, mengonsumsi makanan yang bergizi serta buah-buahan dan sayur-sayuran serta banyak istirahat. “Jaga kebersihan lingkungan dan mengonsumsi pangan yang bergizi tidak mudah terserang ISPA,” ujarnya.

Menurut Ati banyaknya pasien ISPA sudah terlihat di beberapa fasilitas kesehatan di Banten. Mereka yang terserang penyakit ISPA kebanyakan berobat ke puskesmas, klinik, dan rumah sakit. Penyakit ISPA tentu berbahaya apalagi bila sudah disertai pneumonia sehingga pasien sulit ditolong.

Beberapa gejala ISPA, di antaranya hidung tersumbat dan pilek, batuk kering tanpa dahak, demam ringan, sakit tenggorokan, sakit kepala ringan, bernapas cepat atau kesulitan napas dan warna kebiruan pada kulit akibat kekurangan oksigen.

“Warga terserang penyakit itu akibat dampak perubahan iklim El Nino yang menimbulkan kemarau,” katanya. (ADV)

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini