Beranda Pendidikan Dindik Kota Tangerang Terapkan PPDB Online untuk SMP/SD Negeri

Dindik Kota Tangerang Terapkan PPDB Online untuk SMP/SD Negeri

Masyati Yulia, Kepala Dindik Kota Tangerang. (Rendi/bantennews)

KOTA TANGERANG – Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran 2020-2021 di Kota Tangerang untuk tingkat SMP dan SD akan dilakukan secara online. Hal tersebut disebabkan masih situasi pandemi Covid-19

Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Tangerang Masyati Yulia memaparkan secara serentak PPDB akan dimulai 11 Juni hingga 9 Juli 2020 mendatang. Drinya menyebut akan tetap memakai jalur zonasi melalui ppdbmandiri.tangerangkota.go.id atau melalui aplikasi android Tangerang LIVE.

“Jalur PPDB tahun ini tetap kita melalui jalur zonasi, untuk siswa kurang mampu yang sudah masuk data terpadu kesejahteraan sosial bisa lewat afirmasi khusus. Kemudian jalur perpindahan orang tua atau wali. Khusus tingkat SMP ada tambahan jalur prestasi,” ujar Masyati saat dihubungi BantenNews.co.id, Sabtu (30/5/2020)

Terkait daya tampung, Masyati mengatakan, ditingkat SD dibagi enam zona dengan prosentase berbeda-beda. Diantara lain Zona Lingkungan Sekolah 40%, Zona Wilayah 20%, Zona umum / antar zona 15%, Zona luar Kota 5%, Zona afirmasi 15%, Zona perpindahan 5%.

Sedangkan di jenjang SMP, Zonasi 50%, Afirmasi 15%, Perpindahan tugas orangtua 5%, dan terkait jalur prestasi dibagi tiga. Diantaranya, Prestasi akademik/non akademik 5%, Prestasi domisili dalam kota 20%, Prestasi domisili luar kota 5%.

“Begitu juga dengan zona wilayah juga kami bagi tiga. Diantaranya zona wilayah timur, tengah dan barat,” katanya.

Untuk wilayah timur yaitu Kecamatan Ciledug, Larangan, Karang Tengah dan Pinang. Zona wilayah tengah yaitu Kecamatan Cipondoh, Tangerang, Batuceper, Benda dan Neglasari. Sedangkan wilayah barat yaitu Kecamatan Periuk, Karawaci, Cibodas dan Jatiuwung.

“Persiapan sejauh ini sudah 95 persen, sisanya kami terus perkuat dengan sosialisasi yang hingga saat ini masih terus berjalan,” katanya.

Berikut jadwal PPDB Kota Tangerang 2020-2021:

Pendaftaran Tingkat SD

1. Afirmasi 11-12 Juni

2. Perpindahan Tugas Orangtua 11-12 Juni

3. Zonasi 15-17 Juni

Pendaftaran Tingkat SMP

1. Zonasi 26-28 Juni

i 2. Afirmasi 2 Juli

3. Perpindahan Tugas Orangtua 2 Juli

4. Prestasi 6-7 Juli

(Ren/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini