Beranda Pendidikan Dindik Kota Serang Kritisi Soal Bahasa Indonesia Terkait Atta Halilintar

Dindik Kota Serang Kritisi Soal Bahasa Indonesia Terkait Atta Halilintar

436
0

SERANG – Sekeretari Dindik Kota Serang Wasis Deswanto menilai pembuatan soal ulangan Bahasa Indonesia yang membahas tentang youtuber Atta Halilintar kurang relevan dengan aktifitas siswa-siswi kelas 5 SD di Kota Serang. Menurutnya pertanyaan yang muncul pada soal ulangan kenaikan kelas (UKK) tahun 2018-2019 untuk kelas 5 SD tersebut kurang nasionalis.

“Maksudnya bagus kali yah pembuat soal ini untuk memotivasi, tapi kenapa harus Atta Halilintar. Apa lagi anak-anak belum mengenal dan paham betul dengan youtuber meskipun jutaan followernya. Dan ini sangat mengganggu juga bagi anak-anak sekolah. Untungnya Halilintar yah dan tidak punya afiliasi politik,” ujarnya saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (28/5/2019).

Ia menjelaskan kewenangan pemilihan soal pada UKK tersebut ada pada pihak sekolah masing-masing. Sementara Dindik Kota Serang membuat soal Ujian Sekolah Berbasis Nasional (USBN). Ia mengimbau pada para guru di Kota Serang agar mempertimbangkan dalam membuat soal untuk para muridnya.

“Ke depan semoga bisa perbaiki lah. Kita juga sudah menyampaikan pada pengawas-pengawas kita, agar pembuatan soal harus tepat sasaran. Akan lebih baik tokoh-tokoh pendidikan nasional atau tokoh sejarah bagitu,” ujarnya. (Dhe/Red).