Beranda Sosial Dinas Perikanan Lebak Beli 9 Unit Perahu

Dinas Perikanan Lebak Beli 9 Unit Perahu

Cuaca ekstrim yang melanda perairan di Kabupaten Lebak membuat nelayan Binuangeun dan Wanasalam, tak berani melaut.

LEBAK – Dinas Perikanan Kabupaten Lebak akan membeli kapal motor kecil sebanyak sembilan unit. Kapal tersebut untuk diberikan kepada nelayan di Kecamatan Bayah, Cilograng dan Wanasalam.

Rizal Ardiansyah, Kasi Peningkatan Kapasitas Nelayan Kecil dan Pembudidayaan Ikan pada Dinas Perikanan Kabupaten Lebak mengatakan, pembelian kapal saat ini masih dalam tahap lelang.

“Pembelian dilakukan oleh pihak ketiga karena anggarannya di atas Rp200 juta,” kata Rizal, Selasa (18/6/2019).

Sumber biaya pembelian kapal motor dari APBD 2019. Dengan nilai pagu per unit sebesar Rp290 juta. “Itu untuk harga kapal kapasitas mesin 3 GT sedangkan untuk harga mesinnya per unit kurang lebih sebesar Rp300 jutaan. Semuanya akan diberikan kepada nelayan yang sebelumnya sudah mengusulkan permohonan bantuan,” katanya.

Rizal mengungkapkan, nelayan di Lebak sudah dua tahun ini tidak mendapatkan bantuan kapal motor. Bantuan yang ada dialokasikan dari APBD Kabupaten Lebak.

“Kalau informasi kita terima, bantuan dari pusat tidak ada karena sekarang ini masih memprioritaskan penyaluran bantuan kena dampak bencana. Seperti halnya Pandeglang yang kena bencana tsunami,” katanya.

Rizal berharap, ke depan tidak lagi ada bencana alam sehingga nelayan warga Lebak memiliki kesempatan kembali menerima bantuan. (Ali/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniĀ