Beranda Peristiwa Dilantik Bupati, Tagana Kabupaten Serang Minta Mobil Operasional Baru

Dilantik Bupati, Tagana Kabupaten Serang Minta Mobil Operasional Baru

Pelantikan Kepengurusan Tagana Kabupaten Serang, Rabu (31/3/2021) (Nindia/BantenNews.co.id)

KAB. SERANG – Pengurus Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Serang periode 2020-2025 dilantik Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah di Aula Tb Suwandi Setda Kabupaten Serang pada Rabu (31/3/2021).

Ketua Tagana terpilih, Muhit Kurniawan mengapresiasi Bupati Serang untuk secara langsung melantik kepengurusan Tagana Kabupaten Serang. Muhit juga mengungkapkan Tagana Kabupaten Serang selalu menjadi yang terdepan saat bencana di Kabupaten Serang terjadi.

Saat ini jumlah anggota Tagana Kabupaten Serang adalah 197 orang termasuk di dalamnya terdiri dari 10 anggota Tagana Khusus dan Tim Reaksi Cepat (TRC) sejumlah 60 orang.

“Di setiap kejadian bencana baik skala besar dan skala kecil, Tagana selalu hadir di depan. Tagana selalu yang pertama mendapatkan informasi atau mengevakuasi karena keberadaan Tagana ini menyeluruh di 29 kecamatan di Kabupaten Serang,” kata Muhit.

Ia juga berharap atas dilantiknya langsung oleh Bupati Serang, persoalan terkait sarana dan prasarana untuk Tagana Kabupaten Serang dapat diatasi khususnya kendaraan operasional.

“Tagana yang selama ini sudah turun ke lapangan dan sudah tertata dengan baik, dengan atas dilantiknya oleh Bupati semoga persoalan-persoalan terkait sarana dan prasarana dapat diatasi,” ujar Muhit.

Terkait persoalan kendaraan operasional, Muhit mengatakan Tagana Kabupaten Serang mendapat bantuan kendaraan operasional berupa mobil rescue pada tahun 2007 tetapi dikarenakan kondisinya yang sudah tidak layak dipakai maka kendaraan tersebut tidak bisa dioperasionalkan.

Muhit menuturkan kesulitan Tagana akibat kendaraan operasional yang kurang memadai yakni saat pandemi Covid-19 terjadi, Tagana Kabupaten Serang mengalami kesulitan untuk mendistribusikan disinfektan bagi masyarakat Kabupaten Serang dikarenakan keterbatasan kendaraan operasional sehingga tidak jarang seragam para tim Tagana Kabupaten Serang yang membawanya terkena tumpahan cairan tersebut.

“Saat pandemi dimulai, kita disibukkan dengan kegiatan pencegahan Covid-19 melalui penyemprotan disinfektan. Dengan kemampuan kami tanpa ada kendaraan sampai bawa disinfektan dari Serang ke kecamatan-kecamatan pakai motor. Jadi dalam kesempatan kali ini, saya secara pribadi memohon atas dengan sangat kepada ibu Bupati dan Ketua DPRD Kabupaten Serang dapat membantu kendaraan operasional untuk Tagana Kabupaten Serang,” kata Muhit.

Dalam hal ini, Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah mengatakan bahwa pihaknya sangat memahami terkait hal tersebut dan merupakan suatu kewajiban untuk mempersiapkan sarana dan prasarana penunjang untuk Tagana Kabupaten Serang.

“Saya sangat memahami karena mereka diturunkan dalam kondisi bencana jadi sarana prasarana penunjang itu wajib kita siapkan. Jangan sampai ketika mereka turun ke lapangan ke lokasi bencana, mereka sendiri yang menjadi korban. Itu tidak boleh terjadi. Saya sudah sampaikan ke Kepala Dinas untuk mendatai kebutuhan-kebutuhan apa saja sarana prasarana penunjang yang harus disiapkan,” ujar Tatu.

(Tra/Nin/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini