Beranda Peristiwa Dilanda Kekeringan, Warga Kabupaten Lebak Berjalan Kaki Untuk Air Bersih

Dilanda Kekeringan, Warga Kabupaten Lebak Berjalan Kaki Untuk Air Bersih

Para Warga Kampung Paja Margaluyu, Desa Paja, Kecamatan Sajira, Kabupaten Lebak, Banten yang dilanda kekeringan mengantre untuk mengambil air di lokasi mata air. Foto: Sandi/ BantenNews.co.id

LEBAK – Dampak dari fenomena El Nino menyebabkan sejumlah daerah mengalami kekeringan. Hal ini dialami para warga Kampung Paja Margaluyu, Desa Paja, Kecamatan Sajira, Kabupaten Lebak, Banten, yang harus rela berjalan kaki sepanjang 1 kilometer menuju sumur resapan  di Sungai Cilutung untuk bisa mendapatkan air.

Lilis, warga sekitar mengatakan, hampir setiap tahun saat musim kemarau di Kampung Paja Margaluyu, para warga harus mengambil air di sumur resapan yang dibuat secara swadaya oleh masyarakat.

“Kalau air sungai normal ya sumur resapan tersebut pastinya akan terendam, karena letak sumur berada tepat ditengah Sungai Cilutung. Tapi jika saat musim kemarau seperti ini, warga akan menggali lagi sumur resapan tersebut,” kata Lilis saat ditemui saat mengambil air, Minggu (6/8/2023).

Lilis menjelaskan, kekeringan di Desa Paja sudah berlangsung sekitar 2 bulan. Ia bersama warga lainnya sangat kesulitan air bersih khususnya untuk memasak dan minum.

“Kalau untuk mandi dan mencuci warga biasanya mengambil dari sumur resapan ini, tapi kalau untuk masak dan minum warga mengambilnya dari mata air yang satunya lagi, itupun airnya kecil banget. Sehingga warga yang akan mengambil air harus mengantre,” ujarnya.

Sementara Maemunah, warga sekitar mengungkapkan, hampir setiap tahun di Desa Paja mengalami kekeringan dan warga pun harus rela berjalan untuk bisa mendapatkan air bersih karena sumur yang berada di rumah-rumah warga kering.

“Di Kampung Paja Margaluyu ini sumber mata air hanya ada di Sungai Cilutung. Namun, sumur resapan yang dibikin oleh warga hanya bisa dipakai untuk mandi dan mencuci saja, sedangkan untuk minum dan masak warga harus mengambil dari mata air yang lain,” ucapnya.

Ia berharap, agar pemerintah bisa memberikan bantuan air bersih bagi warga Desa Paja. Karena tanpa air bersih warga sangat sengsara.

“Saya atas nama warga memohon bantuan kepada pemerintah untuk segera memberikan bantuan air bersih kepada warga,” katanya. (San/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini