Beranda Olahraga Dilanda Cuaca Buruk, Kualifikasi MotoGP Australia Dibatalkan

Dilanda Cuaca Buruk, Kualifikasi MotoGP Australia Dibatalkan

197
0
Marc Marquez - foto istimewa itatwagp.com

MotoGP di Australia diganggu cuaca buruk. Sesi kualifikasi yang sedianya berlangsung Sabtu (26/10/2019), terpaksa dibatalkan.

Angin kencang telah dirasakan di Sirkuit Phillip Island sejak latihan bebas ketiga pagi ini. Sesi itu bahkan sempat diwarnai red flag karena saking kencangnya angin sampai bisa menerbangkan pit board Jack Miller sehingga masuk ke lintasan balap.

Meski begitu, latihan bebas ketiga masih memungkinkan dituntaskan dan Maverick Vinales kembali menjadi pebalap tercepat. Namun, angin semakin kencang di latihan bebas keempat sehingga red flag kembali dikibarkan marshall di tengah-tengah sesi.

Pebalap KTM Miguel Oliviera kemudian mengalami kecelakaan dalam kecepatan tinggi di tikungan pertama. Komisi Keamanan lantas mengadakan pertemuan yang melibatkan FIM, bos-bos MotoGP dan seluruh pebalap.

Hasilnya, MotoGP memastikan bahwa sisa FP4 dan Q1 serta Q2 mesti dibatalkan karena cuaca tidak memungkinkan. Ofisial MotoGP akan memeriksa kondisi pada Minggu (27/10/2019), dengan niat menjalankan sesi-sesi yang tersisa.

Akan tetapi, seandainya kualifikasi memang tidak bisa dijadwalkan ulang, maka posisi start balapan akan ditentukan oleh waktu kombinasi latihan bebas. Itu artinya, Vinales akan start terdepan setelah menyapu bersih tiga latihan bebas.

“Kami sudah membuat keputusan di dalam Komisi Keamanan bahwa sekarang ini tidak aman dalam kondisi angin kencang, hal itu bisa dilihat ketika Miguel Oliviera jatuh dengan angin mendorong dia. Kami memutuskan bahwa kami harus berhenti pada hari ini dan mencoba lagi besok,” rider Avintia Karel Abraham usai pertemuan dilansir detik.com.

(Red)