Beranda Peristiwa Dihantam Cuaca Ekstrem, KMP Rishel Nabrak Dermaga 4 Pelabuhan Merak

Dihantam Cuaca Ekstrem, KMP Rishel Nabrak Dermaga 4 Pelabuhan Merak

KMP Rishel - foto istimewa youtube.com

CILEGON – Cuaca ekstrem di Perairan Selat Sunda membuat KMP Rishel mengalami kecelakaan. Kapal Ferry tersebut menabrak Dermaga 4 Pelabuhan Merak pada Kamis (28/1/2021) malam. Akibat peristiwa tersebut buritan KMP Rishel mengalami kerusakan.

“Peristiwa sekitar jam 22.00 malam tadi kejadian KMP Rishel menabrak Breasting Dolphin nomor 3 Dermaga 4 Pelabuhan Merak,” ujar Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah VIII Banten, Endi Suprasetio melalui keterangan tertulis, Jumat (29/1/2021).

Endi menuturkan kecelakaan tersebut saat ini sudah dilakukan pemeriksaan bersama MI dari KSOP Banten dan ditemukan beberapa hasil temuan.

“Pertama terdapat kerusakan pada plat kapal tepatnya di ruang control kemudi. Kemudian penyebab dari kejadian tersebut berdasarkan keterangan dari nahkoda ialah arus dan angin yang berlawanan yaitu arus mengarah dari selatan ke utara dan angin yg mengarah dari utara ke selatan dengan kecepatan 20 sampai dengn 24 knots sehingga kapal kesulitan untuk sandar dan menabrak breasting dolphin Dermaga IV,” terangnya.

Kemudian petugas juga melakukan pengecekan dimulai dari pengecekan kesesuaian crew dengan crew list, deck log book, bow thrusters, pengecekan personel kamar mesin, pengecekan di area kerusakan.

“Berdasarkan hasil pemeriksaan tersebut tidak ada korban baik kendaraan maupun orang dan juga tidak ada kerusakan pada komponen mesin ataupun hal hal yang menyebabkan kapal tidak dapat di operasikan,” imbuhnya.

(Man/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini