Beranda Peristiwa Dihantam Cuaca Buruk, Tongkang Pengangkut Batubara PLTU 2 Labuan Kandas

Dihantam Cuaca Buruk, Tongkang Pengangkut Batubara PLTU 2 Labuan Kandas

Tongkang pengangkut Batubara ke PLTU 2 Labuan kandas

PANDEGLANG – Kapal tongkang pengangkut Batubara untuk PLTU 2 Labuan kembali kandas di perairan Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang. Diduga, kandasnya kapal tersebut diakibatkan oleh cuaca buruk.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, tongkang tersebut terdampar usai keluar dari pelabuhan atau jetty PLTU 2 Labuan pada Sabtu (27/11/2021) kemarin. Kapal dengan nama BG Bahtera 3003 bersama kapal TB Borneo Sejati 01 berlabuh di Pulau Liwungan imbas cuaca buruk.

“Setelah keluar dari jetty PLTU, nahkoda dari kedua kapal ini awalnya mau berlindung di Pulau Liwungan karena cuaca buruk. Tapi ternyata cuacanya semakin ekstrem sampai salah satu kapal akhirnya terdampar,” kata Kasatpolair Polres Pandeglang AKP Dwi Hary Bagio, Senin (29/11/2021).

Hingga pukul 19.00 WIB, cuaca semakin memburuk. Sampai akhirnya, kapal TB Borneo Sejati 01 tidak kuat menahan kapal BG Bahtera 3003 lalu terdampar ke pesisir. Petugas yang mendapatkan informasi kandasnya tongkang tersebut langsung berusaha melakukan evakuasi namun gagal lantaran cuaca yang buruk hingga harus dihentikan sementara.

“Pada hari Minggu evakuasinya dihentikan. Sampai sekarang kapal tersebut belum dievakuasi lagi karena terkendala oleh cuaca ekstrem,” terangnya.

Meski demikian, Dwi memastikan tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Nahkoda beserta ABK kapal itu juga berhasil dievakuasi usai kapal tersebut terdampar di pesisir perairan Panimbang.

“Alhamdulillah tidak ada korban jiwa. ABK sama nahkodanya sudah kami evakuasi dan diturunkan dari kapal tersebut,” tutupnya. (Med/Red)

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini