Beranda Peristiwa Dihantam Angin Kencang, Fasilitas Pelabuhan Merak Rusak

Dihantam Angin Kencang, Fasilitas Pelabuhan Merak Rusak

Tenda di loket Dermaga Eksekutif Pelabuhan Merak ambruk - foto istimewa

CILEGON – Sejumlah fasilitas di Pelabuhan Merak rusak akibat dihantam angin kencang. Diketahui saat ini cuaca di Perairan Merak mengalami peningkatan, yakni kecepatam angin mencapai 28 knot gelombang laut sekitar 2 meter.

Kerusakan terjadi di terminal eksekutif Merak. Tenda loket tiket ambruk diterjang angin. Selain itu, kanopi di gang way dermaga 3 juga berterbangan.

Angin kencang terasa di Pelabuhan Merak, sempat terjadi penumpukan kendaraan meski tidak signifikan. Penumpukan terjadi karena kapal-kapal yang berlayar mengurangi kecepatannya demi keselamatan pelayaran.

“Ya tentunya dengan adanya peningkatan angin yang mengakibatkan gelombang kan proses sandarnya agak sedikit terlambat makanya agak sedikit penumpukan,” ujar Koordinator Terminal Penyeberangan Merak KSOP Banten, Suharso kepada wartawan, Jumat (1/11/2019).

Suharso menyatakan kondisi cuaca di sekitar Pelabuhan Merak dan perairan Selat Sunda mengalami peningkatan. Biasanya, kecepatan angin berkisar antara 1-15 knot, sedangkan gelombang sekitar 1-1,5 meter.

“Sampai sekarang proses bongkar muat masih berjalan lancar. Tadi pagi sudah saya beri instruksi secara tertulis untuk selalu membaca kondisi cuaca, dan penguatan untuk selalu aman dalam pelayaran,” kata dia.

Peningkatan cuaca yang lebih ekstrem justru terjadi di Pelabuhan Bakauheni, sekitar pukul 08.30 WIB, KMP Mustika Kencana menabrak gang way hingga mengalami kerusakan.

(Man/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini