Beranda Peristiwa Diguyur Hujan Deras, Kota Serang Dilanda Banjir

Diguyur Hujan Deras, Kota Serang Dilanda Banjir

Hujan deras yang mengguyur Kota Serang Kamis (3/12/2020) menyebabkan banjir di sejumlah wilayah dan ruas jalan - (Ade Faturohman/BantenNews.co.id)

SERANG – Hujan deras yang mengguyur Kota Serang Kamis (3/12/2020) menyebabkan banjir di sejumlah wilayah dan ruas jalan, salah satunya ruas jalan raya Serang -Petir tepatnya menuju perumahan Serang Hijau dan Perumahan Citra Gading, Kampung Lebak, Kelurahan Cipocok Jaya, Kecamatan Cipocok, Kota Serang.

Terlihat air menggenangi ruas jalan yang menghubungkan Petir dan Kota Serang. Disinyalir banjir terjadi akibat drainase yang tidak berfungsi maksimal sehingga air justru meluber ke badan jalan.

Kasie Pencegahan dan Kesiapsiagaan pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Serang, Topan Wiguna mengatakan banjir yang terjadi di ruas jalan sudah sering terjadi terutama setelah hujan deras mengguyur dengan durasi cukup panjang.

“Tadi hujannya memang lumayan lama dan sangat deras. Akibatnya sekarang jalan jadi kebanjiran,” ucapnya.

Air tersebut, kata Topan, juga berasal dari aliran Sodetan Kali Banten dan Tembong yakni sungai yang di hulu debitnya airnya sangat deras. Ditambah buruknya drainase di jalan raya tersebut, sehingga banjir terus terjadi.

“Sering terjadi, setiap hujan deras pasti ada banjir. Akibatnya selain banjir ya macet, lumayan parah macetnya,” ujarnya.

Akibat banjir di ruas jalan tersebut, juga menyebab kemacetan. Pemandangan kemacetan itu terlihat di ruas Jalan Serang Hijau arah Petir dan arah sebaliknya, seakan bertolak belakang dengan imbauan diam di rumah dan mengurangi aktivitas di luar rumah selama pandemi Covid-19.

Selain ruas jalan, perumahan di Kota Serang juga rutin terendam banjir. Itu terjadi di Perumahan Citra Gading, Kelurahan Cipocok Jaya, Kecamatan Cipocok Blok J 1 sampai J5, RT 12, RW11.

Dalam peristiwa tersebut sejumlah personel dari BPBD, polisi dan TNI juga sudah di lokasi untuk mengevakuasi warga di perumahan dan mengatur ruas jalan yang terendam banjir. Sejauh ini tak ada korban jiwa dalam banjir tersebut.

(Dhe/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini