Beranda Hukum Diduga Tipu Rekan Bisnis, Pengusaha Besi Tua di Kibin Ditangkap Polisi

Diduga Tipu Rekan Bisnis, Pengusaha Besi Tua di Kibin Ditangkap Polisi

Ilustrasi - foto istimewa tribunnews.com

 

SERANG – UM terpaksa berurusan dengan petugas dari Satuan Reserse Kriminal (Reskrim) Polres Serang. Warga Kampung Gorda Nagreg, Desa Nagreg, Kecamatan Kibin, Kabupaten Serang diduga menipu rekan bisnisnya senilai Rp1,4 miliar.

“Dalam laporan korban Ery Diaya pada 21 Agustus 2019 lalu di Desa Pasirbuyut, Kecamatan Jawilan, bertemu dengan pelaku. Di pertemuan itu pelaku mengaku membutuhkan dana untuk bisnis jual beli limbah besi,” kata Kapolres Serang AKBP Mariyono didampingi Kasat Reskrim Polres Serang AKP David Adhi Kusuma, Sabtu (24/4/2021).

Pengakuan korban dari tersangka uang sebesar Rp1,4 miliar itu akan digunakan untuk modal pembelian limbah besi dan akan dijual kembali ke salah satu perusahaan  pelebur besi di Kawasan Industri Modern Cikande.

“Setelah bagi hasil disepakati, korban menyerahkan uang secara bertahap hingga nilainya mencapai Rp 1,4 miliar,” ujarnya.

Namun, Kapolres menambahkan setelah batas waktu perjanjian berakhir, UM tidak kunjung menyerahkan modal berikut keuntungan yang sudah disepakati kepada korban.

“Setelah dilakukan pengecekan, sampai saat ini pekerjaan tersebut tidak ada, dan uang modal tidak dikembalikan kepada korban,” tambahnya.

Mariyono menegaskan setelah tau dirinya jadi korban penipuan, kasus ini dilaporkan ke mapolres. Dalam kasus ini, kata Kapolres, UM dijerat dengan pasal 378 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) tentang tindak pidana penipuan.

“Untuk ancaman pidananya paling lama empat tahun penjara,” tegasnya.

Sementara Kasatreskrim AKP David Adhi Kusuma menambahkan setelah lama dilakukan penyelidikan, penyidik berhasil mengantongi dua alat bukti yang kuat untuk melakukan penetapan tersangka.

“Tersangka UM kita jemput di rumahnya pada Kamis (22/4/2021) malam sekitar jam 23.30 Wib di Kampung Gorda Nagreg,” katanya.
(You/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini