Beranda Hukum Diduga Tilap Dana Hibah, KONI Tangsel Diperiksa Kejari

Diduga Tilap Dana Hibah, KONI Tangsel Diperiksa Kejari

661
0
Kejaksaan Negeri Tangerang Selatan melakukan penyelidikan terkait dana hibah KONI Tangerang Selatan.

TANGSEL – Dana hibah sebesar Rp7,8 miliar dari Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) yang diberikan kepada Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) diduga disalahgunakan.

Hal itu diketahui saat pihak Kejaksaan Negeri Kota Tangsel menggeledah kantor sekretariat KONI di Pamulang, Kamis (8/4/2021).

Kepala Kejari Tangerang Selatan Aliansyah mengatakan, penggeledahan dilakukan untuk mengusut dugaan penyalahgunaan dana hibah KONI Kota Tangerang Selatan tahun 2019 senilai Rp7,8 miliar.

Menurut Aliansyah, dugaan penyalahgunaan dana hibah tersebut berawal dari kecurigaan adanya sejumlah penyelenggaraan kegiatan yang dipertanggungjawabkan secara fiktif.

“Selain itu, ada dugaan lain seperti pemotongan dana hibah dan perjalanan dinas fiktif yang dilakukan oleh KONI Tangerang Selatan,” terang Aliansyah, Jumat (9/4/2021).

Namun, Aliansyah belum merincikan indikasi total kerugian negara dari kasus dugaan penyalahgunaan dana hibah tersebut.

Dia hanya menjelaskan bahwa tim penyidik pidana khusus Kejari Tangerang Selatan mendapati sejumlah barang bukti yang berkait dengan dugaan penyalahgunaan miliaran rupiah dana hibah KONI 2019.

“Penggeledahan kantor sekretariat KONI Tangerang Selatan berlangsung sekitar pukul 11.45 WIB sampai 16.30 WIB. Dari situ, penyidik mengamankan barang bukti 130 eksemplar dokumen yang dianggap berkaitan dengan dana hibah KONI Tangerang Selatan,” ungkapnya.

Dokumen yang diamankan tersebut terdiri dari Surat Pertanggungjawaban penggunaan dana hibah KONI, kwitansi, dan bukti bayar. Selain itu, terdapat satu unit komputer di Kantor Sekretariat KONI Tangerang Selatan yang turut diamankan.

“Barang-barang yang didapatkan dapatkan dari penggeledahan dilakukan penyitaan untuk kepentingan pembuktian dugaan penyalahgunaan dana hibah KONI Kota Tangerang Selatan 2019,” bebernya. (Ihy/Red)