Beranda Hukum Diduga Tak Berizin, Unit Krimsus Polda Banten Sidak Tambang Pasir di Cihara...

Diduga Tak Berizin, Unit Krimsus Polda Banten Sidak Tambang Pasir di Cihara Lebak

Tambang pasir kuarsa milik PT Tri Jaya Mineralindo (TJM) yang berlokasi di Desa Karangkamulyan, Kecamatan Cihara, Kabupaten Lebak,

LEBAK – Diduga belum kantongi izin, tambang pasir kuarsa milik PT Tri Jaya Mineralindo (TJM) yang berlokasi di Desa Karangkamulyan, Kecamatan Cihara, Kabupaten Lebak, Banten, didatangi Unit Kriminal Khusus (krimsus) Polda Banten.

Direktur PT Trimitra Jaya Mineralindo, Jiadudin membenarkan perusahaannya telah didatangi oleh Unit Krimsus Polda Banten.

“Benar, kedatangan Unit Krimsus Polda Banten tersebut untuk memastikan jika perusahaan belum mengantongi izin,” kata Jiadudin saat dihubungi, Selasa (6/6/2023).

Ia menjelaskan, secara administratif pihkanya sudah hampir memenuhi semua persyaratan perizinan.

“Untuk perizinan tidak bisa secepatnya, harus proses dulu karena regulasi dari perizinan itu masih menunggu kebijakan dari pemangku kepentingan. Untuk sekarang kami fokus mengejar Pertimbangan Teknis Gubernur (Pertek Gub),” ujarnya.

Ia mengungkapkan, diantara izin yang sudah dimiliki oleh PT TJM antara lain, pertek dari perum, rekom pertek dari Dirut perum, analisis planologi dari BPPKH Jogjakarta serta tata ruang dari Dinas PUPR Kabupaten Lebak.

“Dan untuk saat ini perusahaan pun sedang menempuh pertek Gubernur dan pengajuan WIUP dan izin eksporasi dari ESDM,” imbuhnya.

Jiadudin menambahkan, adanya isu yang muncul terkait berdirinya PT TJM berdampak buruk dengan alam sekitar. Hal itu merupakan keterangan yang salah. Bahkan perusahaan kami tidak pernah membuang limbah ke sungai yang dekat dengan PT, malahan perawatan rutin di sungai selalu dilakukan.

“Selama perusahan berdiri tidak ada satupun masyarakat yang mengeluh akan aktivitas perusahaan. Sebab, perusahaan sudah memenuhi semua permintaan perusahaan seperti pendirian kamar mandi umum untuk masyarakat, dan memberikan kompensasi kepada masyarakat sekitar.,” Ucapnya. (San/Red)

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini