Beranda Peristiwa Diduga Korsleting Listrik, Rumah Warga Mancak Terbakar

Diduga Korsleting Listrik, Rumah Warga Mancak Terbakar

Warga bergotong royong berusaha memadamkan api. (IST)

 

KAB. SERANG – Sebuah rumah di Kampung Sinangmangu RT 004 RW 001 Desa Balekambang, Kecamatan Mancak, Kabupaten Serang terbakar pada Selasa (5/10/2021).

Anggota Pusdalops BPBD Kabupaten Serang Jhonny E Wangga mengatakan, pihaknya mendapatkan laporan peristiwa kebakaran dari anggota Tagana Kabupaten Serang, Oman Nudin sekitar pukul 09.00 WIB.

Kebakaran yang membakar rumah seorang buruh, Feni (47), diduga akibat korsleting listrik yang menyebabkan percikan api dan api menjalar ke bagian yang mudah terbakar di dalam rumah. Warga yang melihat kejadian tersebut segera memadamkan api yang semakin membesar.

“Sekitar pukul 08:40 WIB terjadi arus pendek listrik sehingga menimbulkan percikan api yang menjalar ke bahan bangunan yang mudah terbakar. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, tapi rumah mengalami kerusakan sedang,” ujar Jhonny, Selasa (5/10/2021).

Api berhasil dipadamkan oleh warga sekitar dan sekitar pukul 10.20 BPBD Kabupaten Serang melakukan validasi data di lokasi.

Banyaknya kebakaran yang diakibatkan oleh korsleting listrik, Jhonny mengimbau untuk siapapun lebih waspada dan memeriksa kembali listrik sebelum meninggalkan rumah. Kemudian untuk mengantisipasi adanya korsleting listrik, ia juga menyebutkan untuk menghindari adanya penggunaan terminal bertumpuk untuk tidak memicu terjadinya arus pendek.

“Imbauannya untuk lebih waspada ketika akan meninggalkan rumah agar memastikan kelistrikan. Antisipasinya periksa listrik di rumah atau bangunan terutama yang sudah berusia lama. Perhatikan juga penggunaan kabel listrik dan hindari penggunaan terminal bertumpuk,” imbau Jhonny.

(Nin/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini