Beranda Peristiwa Diduga Konsumsi Hasil Kebun, 2 Warga Perum Batan Tangsel Terpapar Radiasi Nuklir

Diduga Konsumsi Hasil Kebun, 2 Warga Perum Batan Tangsel Terpapar Radiasi Nuklir

118
0
Sekretaris Utama Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten), Hendriyanto Hadi Tjahyono saat memberikan keterangan pers - (Foto Ihya Ulummudin/BantenNews.co.id)

TANGSEL – 2 warga perumahan Batan Indah, Kecamatan Setu, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) terkontaminasi limbah radiasi nuklir.

Hal itu diketahui saat Badan Pengawas Tenaga Nuklir Nasional (Bapeten) melakukan pemeriksaan tubuh (whole body counting) terhadap 9 warga blok H, I, dan J, Perumahan Batan Indah.

Diberitakan BantenNews.co.id sebelumnya, Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) sudah 8 hari melakukan clean up terhadap lokasi ditemukannya limbah radiasi nuklir di perumahan Batan Indah.

Sampai hari ke-8 kemarin, tingkat paparan di lapangan sudah mengalami penurunan yang signifikan. Meskipun demikian masih terdapat beberapa titik yang menunjukkan tingkat paparan yang berada di atas ambang batas.

Sekretaris Utama Bapeten, Hendriyanto Hadi Tjahyono mengatakan hasil dari tes 9 warga tersebut, 2 orang di antaranya terindikasi terkena limbah radiasi Casium 137.

Namun, kata Hendriyanto, tingkat kontaminasi 2 orang tersebut sangat rendah di bawah Nilai Batas Dosis (NBD). Dengan begitu Hendriyanto memastikan tidak merusak kesehatan.

“Dugaan Sementara warga yang terkontaminasi ini akibat mengkonsumsi hasil kebun yang terpapar radiasi itu,” kata Hendriyanto, Jumat (21/2/2020).

“Kalau terkontaminasinya itu mungkin saja bisa dari memakan hasil kebun di lokasi terpaparnya radiasi. Contohnya seperti makan jeruk dari lokasi itu,” tandasnya.

(Ihy/Red)