Beranda Peristiwa Diduga Jadi Penyebab Banjir, Wagub Banten Pantau Bendungan Sindangheula

Diduga Jadi Penyebab Banjir, Wagub Banten Pantau Bendungan Sindangheula

Banjir merendam permukiman warga di Kota Serang.

SERANG – Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy, hari ini, Rabu (2/3/2022), diagendakan bakal melakukan pemantauan ke Bendungan Sindangheula, Kabupaten Serang. Hal itu dilakukan karena ada dugaan dari sejumlah pihak keberadaan waduk yang tahun lalu diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo itu jadi penyebab banjir besar di Kota Serang.

“Karena ada curigaan sejumlah pihak, keberadaan Bendung Sindangheula jadi penyebab banjir besar di Kota Serang,” ujar Andika.

Selain itu, Andika mengaku, pantauan yang dilakukan juga untuk mengetahui detil bagaimana sistem bendungan dapat menampung debit air. Dirinya juga mengaku akan berkoordinasi dengan sejumlah pihak terkait termasuk pengelola Balai Besar Wilayah Sungai Cidanau Ciujung Cidurian (BBWSC3) atau Satker. “Perlu koordinasi lintas sektoral,” katanya.

Sebelumnya Ketua Forum Kota Serang Sehat Embay Mulya Syarief menduga, keberadaan Bendung Sindangheula yang berada di Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Serang menjadi salah satu penyebab meluapnya air Kali Cibanten yang mengalir ke Kota Serang.

Untuk diketahui, data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Serang, mencatat total ada empat kecamatan, dari enam kecamatan yang berada di Kota Serang terendam banjir. Dari BPBD Kota Serang menyebutkan terdapat 10 titik perumahan atau pemukiman warga yang terbilang kategori paling parah terkena dampak banjir ini. Disebutkan, banjir ini juga menelan korban jiwa dua orang korban yang meninggal dunia akibat terkena longsoran, dan satu orang akibat tersengat listrik. (Mir/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini