Beranda Peristiwa Diduga Gelapkan Dana BAT, Puluhan Karyawan Geruduk Kantor Alfamart Serang

Diduga Gelapkan Dana BAT, Puluhan Karyawan Geruduk Kantor Alfamart Serang

Puluhan pegawai Alfamart melakukan aksi di depan Kantor Cabang Alfamart Serang, Jalan Raya Legok, Kecamatan Taktakan, Kota Serang, Kamis (16/5/2019). (Ade/bantennews)

SERANG – Mencurigai adanya dugaan penggelapan dana Bonus Akhir Tahun (BAT) dan juga uang lemburan karyawan, puluhan pegawai Alfamart melakukan aksi di depan Kantor Cabang Alfamart Serang, Jalan Raya Legok, Kecamatan Taktakan, Kota Serang, Kamis (16/5/2019).

Aksi yang dilakukan oleh 50 karyawan Alfamart itu pun, berdasarkan kecurigaan dengan pembagian BAT dan uang lembur karyawan.

“Manajamen di tahun ini sangat membingungkan, karena yang kebagian BAT hanya orang dalam Cabang Alfarmat Serang saja. Sedangkan, para anak toko tidak kebagian BAT. Jadi kita mencurigai, ada permainan di Kantor Cabang Alfamart Serang,” kata Koordinator Aksi dari Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI) Cabang Alfamart Serang, Fajar, di sela-sela aksi.

Fajar juga menjelaskan, bahwa sebelumnya pembagian BAT dan uang lembur karyawan pada manajemen lama, seluruh karyawan Alfamart terbagi dengan rata. Tetapi, pada 2017 pembagian BAT dan uang lembur karyawan mulai dikurangi setengahnya, dengan alasan yang tidak jelas. Lalu, kata Fajar, di 2018 dan 2019 mendadak BAT dan uang lembur karyawan menjadi hilang.

“Ini yang menjadi pertanyaan kami, dan kami pun akan terus melakukan aksi hingga tuntutan dipenuhi,” ujarnya.

Sementara itu, Kadisnaker Kota Serang, Ahmad Benbela menjelaskan, bahwa perusahaan Alfamart telah melanggar peraturan PP 78 nomor 2015, tentang hak-hak tenaga kerja yang harus dipenuhi.

“Kita pun akan berupaya untuk melakukan penyelesaiannya, dan solusi terbaik,”ujarnya.

Ahmad Benbela juga menjelaskan, bahwa tindakan yang dilakukan oleh Perusahaan Alfamart dapat merugikan pihaknya sendiri, karena harus membayar tuntutan yang lebih besar. “Jadi bisa melebihi dari tuntutan yang diajukan, dan dipenuhi,” tegasnya.

Ahmad Benbela juga mengaku, akan mengambil langkah Tripartit, apabilan tuntutan karyawan Alfamart tidak dipenuhi. “Makanya hingga kini kita masih nunggu hasil, apakah tuntutan dipenuhi atau tidak,” tegasnya.

Sementara itu, pihak Alfamart Cabang Serang, saat dimintai keterangan malah memberikan sebuah bingkisan. “Udahlah gausah diberitain, ini buat dibawa saja bingkisanya,” ujar Humas Alfamart Serang, Adit sambil membawa kantong plastik berwarna merah dengan logo Alfamart.

Seperti diketahui, Aksi puluhan karyawan Alfamart Serang itu pun dilakukan pada pukul 07:00 Wib, dan berakhir dibubarkan pada pukul 12:00 Wib tanpa kejelasan dari pihak Alfamart. Para karayawan itupun, berniat akan kembali melakukan aksi hingga tuntutanya dipenuhi. (Dhe/Red).

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini