Beranda Peristiwa Diduga dari Industri, Puluhan Rumah di Rawa Arum Cilegon Dihujani Debu Hitam...

Diduga dari Industri, Puluhan Rumah di Rawa Arum Cilegon Dihujani Debu Hitam Pekat

Hujan debu hitam pekat yang mengotori rumah warga Lingkungan Makam Maja, RT/RW 03/05, Kelurahan Rawa Arum, Kecamatan Grogol, Kota Cilegon - foto istimewa

CILEGON – Hujan debu hitam di Kota Cilegon kembali terjadi. Kali ini terjadi di Lingkungan Makam Maja, RT/RW 03/05, Kelurahan Rawa Arum, Kecamatan Grogol, Kota Cilegon. Puluhan rumah warga dilaporkan dihujani debu hitam pekat yang diduga dari aktivitas pabrik di kawasan industri.

Susilo salah seorang warga setempat menuturkan bahwa debu-debu hitam pekat itu diduga karbon. Pasalnya, debu tersebut kerap menghujani rumah warga apabila kondisi angin kencang yang mengarah ke perkampungan warga setempat.

“Kalau keluar rumah kaki langsung pada hitam, kayaknya debu karbon, sudah sering kalau pas ada angin kencang aja,” kata Susilo kepada wartawan, (27/11/2021).

Ketua RT 03/05, Amriti membenarkan hujan debu hitam pekat tersebut. Dia
bahkan khawatir jika debu tersebut bisa menimbulkan penyakit apabila terhirup dan masuk ke dalam saluran pernapasan.

“Secara wilayah kita memang berada di daerah yang sangat dekat dengan kawasan industri,” ujar Amriti.

Amriti mengaku sudah melaporkan kejadian tersebut kepada Lurah Rawa Arum. Ia juga berharap, ada pihak yang bertanggung jawab atas peristiwa hujan debu hitam pekat di wilayahnya ini.

Meskipun begitu, Amriti mengatakan belum mengetahui asal usul debu tersebut. “Kurang tahu darimananya, pabrik kan banyak dan lokasi kita deketan. Cuma kalau angin lagi kencang pasti sekampung terdampak,” tutupnya.

Terkait hal ini belum ada tanggapan dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cilegon.

(Man/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini