Beranda Peristiwa Diduga Akibat Arus Pendek Listrik, Tiga Rumah di Lebak Hangus Terbakar

Diduga Akibat Arus Pendek Listrik, Tiga Rumah di Lebak Hangus Terbakar

Kebakaran rumah warga di Lebak. (IST)

LEBAK– Diduga akibat arus pendek listrik, tiga unit rumah milik warga Kampung Ciilat RT 009 RW 003, Desa Cisampang, Kecamatan Gunungkencana, Kabupaten Lebak, Banten, hangus terbakar, Jumat (18/8/2023) sekira pukul 21.14 WIB.

Kepala Desa Cisampang Maman membenarkan,  ketiga rumah yang terbakar tersebut adalah milik warganya.

“Benar, rumah tersebut mili Armin (46), Tijah (70) dan Adma (58),” kata Maman saat dihubungi, Sabtu (19/8/2023).

Ia mengungkapkan,  informasi dari saksi mata saat kejadian kebakaran Lilis istri dari Armin sedang tertidur di dalam rumah dan kaget setelah melihat dapur miliknya sudah terbakar.

“Lilis langsung keluar rumah dengan membawa anak-anaknya dan meminta tolong kepada warga sekitar. Mendengar teriakan Lilis, warga pun berusaha memadamkan api dengan alat seadanya,” ujarnya.

Ia menjelaskan, karena api dengan cepat membesar, akhirnya api pun menjalar ke rumah  Tijah yang posisinya berdekatan dengan rumah Armin.

“Tidak hanya merambat ke rumah Tijah, api juga merambat ke rumah Adma yang posisinya ada di sebelah kiri rumah Armin,” imbuhnya.

Maman menambahkan, sekira pukul 22.00 WIB petugas Damkar dari Kecamatan Cileles pun datang untuk membantu memadamkan api.

“Alhamdulillah, Damkar segera datang dan berhasil memadamkan api tersebut,” ucapnya.

Sementara itu, Fajar petugas Damkar Kecamatan Cileles mengatakan, petugas Damkar berhasil memadamkan api dan melakukan pendinginan sekitar 80 menit, dalam peristiwa kebakaran ini tidak ada korban jiwa. Namun korban mengalami kerugian puluhan juta rupiah.

“Alhamdulillah korban jiwa tidak ada, tapi korban Armin mengalami kerugian sekitar Rp 45 juta, untuk korban Tijah mengalami kerugian 45 juta sedangkan untuk Adma mengalami kerugian Rp 5 juta rupiah,” kata Fajar.

Ia menambahkan, diduga Kebakaran berawal dari bagian dapur rumah Armin akibat arus pendek listrik.

“Kemungkinan kebakaran rumah disebabkan oleh konsleting listrik bisa terjadi ditempat lain terjadi apabila pemilik rumah kurang peduli dengan penggunaan kabel jaringan listrik yang ada di rumahnya dan kurangnya perawatan instalasi listrik,” ucapnya. (San/Red)

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini