Beranda Uncategorized Diduga Kampanyekan Caleg, Kepala Kemenag Kabupaten Serang Dipanggil Bawaslu

Diduga Kampanyekan Caleg, Kepala Kemenag Kabupaten Serang Dipanggil Bawaslu

Ilustrasi - foto istimewa Republika.co.id

SERANG – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Serang memanggil Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten SerangTubagus Syihabudin. Syihabudin diduga mengkampanyekan salah satu calon legislatif yang mencalonkan diri pada Pileg 2019.

Perbuatan yang diduga menguntungkan salah satu kandidat caleg tersebut terjadi pada acara sosilisasi sertifikasi guru dan kepala MTs di MTs Al-Ittihad, Kecamatan Tanara, Kabupaten Serang, Banten pada 12 Februari 2019 lalu.

“Dugaan kami, (Syihabudin) melakukan perbuatan yang menguntungkan calon,” kata Ketua Bawaslu Kabupaten Serang Yadi kepada wartawan, beberapa waktu lalu.

Laporan tersebut, menurut Yadi bermula dari temuan Panwascam Tanara yang disampaikan kepada pihaknya. “Hanya foto. Tidak ada bagi-bagi uang, tapi ajakan yang menguntungkan peserta pemilu,” ujarnya.

Sejauh ini, pihaknya sudah memintai keterangan terhadap lima orang saksi. Dugaan sementara, yang bersangkutan melanggar Pasal 282 Undang Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu. “Kepala Kemenag sudah kita periksa. Hasilnya belum bisa disampaikan, perlu diplenokan di Bawaslu Kabupaten Serang,” ujarnya.

Dikonfirmasi akan laporan tersebut, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Serang Tubagus Syihabudin mengaku hanya mengimbau para peserta yang hadir untuk menyukseskan pemilu 2019. Ia berpesan agar memberikan hak pilih dan tidak golput.

“Saya kira masih wajar lah. Namnya orang mengimbau. Saya nggak bagi-bagi yang, atau membawa gambar calon manapun. Mungkin karena masanya lagi sensitif dinilai ajakan. Padahal saya hanya mengimbau. Kalau memilih, itu hak masing-masing,” kata Syihabudin kepada bantennews.co.id, Jumat (1/3/2019).

Syihabudin menyayangkan adanya kesalahpahaman yang terjadi dalam acara tersebut. “Saya sudah sampaikan kepada pimpinan bahwa itu bukan ajakan politik,” tandasnya. (you/red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini