Beranda Peristiwa Didominasi Wajah Baru, 85 Anggota DPRD Banten Dilantik

Didominasi Wajah Baru, 85 Anggota DPRD Banten Dilantik

Pelantikan anggota DPRD Banten. (Wahyu/bantennews)

 

SERANG – Sebanyak 85 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Banten resmi dilantik hari ini, Senin (2/9/2019) di ruang paripurna DPRD Banten, Jalan Syeh Nawawi Al Bantani, Curug, Kota Serang. Dari 85 anggota DPRD yang dilantik, sebanyak
32 orang merupakan incumbent dan sisanya 53 orang merupakan wajah baru yang sebelumnya menjabat dewan di tingkat kabupaten/kota.

“Surat Keputusannya sudah ditandatangani oleh Mendagri (Menteri Dalam Negeri) pada 29 Agustus 2019 lalu. Sesuai jadwal, sekenarionya pada tanggal 2 September kita bisa membacakan untuk pelantikan,” kata Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Banten, Deni Hermawan.

Sebelumnya, Deni mengatakan bahwa ada tiga orang dewan yang tengah melaksanakan ibadah haji di Tanah Suci. Namun pihaknya sudah mengirim surat kepada Departemen Agama (Depag) untuk bisa memberi prioritas dewan terpilih untuk pulang ke Tanah Air mengikuti pelantikan. “Insya Allah hadir semua.”

Jika ada anggota DPRD yang tidak bisa mengikuti pelantikan dan membacakan sumpah dan janji jabatan, lanjut dia, maka semua yang terkait hak-hak administrasi seperti penggajian, BPJS dan sebagainya belum bisa diberikan. “Wajib untuk mengucapkan janji, kalau belum bisa maka akan kami tentukan waktunya setelah pelantikan,” kata dia.

Untuk penggajian sendiri, pihak Sekretariat Dewan sudah menetapkan transfer gaji dewan melalui Bank Daerah Pembangunan Banten. “Jika ada yang belum punya rekening di Bank Banten maka kami akan memfasilitasi,” ungkapnya. (You/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniĀ