Beranda Politik Dianggap Jadi Aktor di Balik Dukungan PAN-Golkar ke Prabowo, Jokowi: Ndak, Itu...

Dianggap Jadi Aktor di Balik Dukungan PAN-Golkar ke Prabowo, Jokowi: Ndak, Itu Urusan Mereka

Presiden Joko Widodo - foto istimewa

JAKARTA – Presiden Joko Widodo atau Jokowi buka suara mengenai adanya anggapan bahwa dirinya ikut andil dalam dukungan Partai Golkar dan PAN untuk calon presiden (capres) Prabowo Subianto di Pilpres 2024. Jokowi menegaskan dirinya tidak ikut campur dengan itu.

“Ndak, ndak, ndak, itu urusan mereka, urusan koalisi, urusan kerja sama itu urusan partai, saya bukan ketua partai,” kata Jokowi di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (14/8/2023).

Jokowi juga mengklaim tidak ikut campur urusan antarpartai termasuk dengan Partai Golkar, PAN, Gerindra maupun PKB.

“Ya, itu urusannya partai-partai lah. Itu urusannya Golkar, urusannya PAN, urusannya Gerindra, urusannya PKB, urusan partai-partai,” tuturnya. [ANTARA]

Partai Golkar dan PAN resmi mendeklarasikan dukungan kepada Prabowo sebagai bakal calon presiden 2024 di Gedung Museum Perumusan Naskah Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat, pada Minggu (13/8/2023) pagi tadi.

Pantauan Suara.com pernyataan dukungan tersebut disampaikan langsung Ketua Umum Partai Golkar Airlangga dan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan atau Zulhas. Hadir pula di acara tersebut Prabowo dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin.

Airlangga sempat membeberkan alasan partainya mendeklarasikan dukungan kepada Prabowo. Salah satunya, karena Prabowo menurutnya lahir dari rahim Golkar.

“Karena Bapak Prabowo Subianto lahir dari rahim Partai Golkar. Oleh karena itu, beliau selalu mengikuti kegiatan di Partai Golkar dan kekaryaannya tidak diragukan lagi, egaliter, searah, sejalan dan setujuan dengan Partai Golkar,” ungkap Airlangga.

Sementara Zulhas mengungkap alasan partainya mendukung Prabowo karena telah menjalin kerja sama sejak Polri 2014 lalu.

“Kami sudah 10 tahun bareng-bareng dengan Pak Prabowo. Kami meyakini perjuangan 10 tahun itu akan tuntas,” ujarnya.

Prabowo lantas menyebut empat partai besar yang bergabung mendukungnya merupakan bagian dari tim Pemerintahan Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Diketahui Gerindra, Golkar, PKB dan PAN merupakan partai koalisi yang tergabung dalam Kabinet Indonesia Maju Jokowi – Ma’ruf Amin.

“Kita di sini juga tidak malu-malu mengatakan bahwa kita adalah bagian dari tim dari pemerintahan yang dipimpin oleh bapak Ir. H. Joko Widodo. Kita bagian dari tim Bapak Jokowi dan kita berani mengatakan berhasil membawa negara ini, sebagai landasan kita menuju cita-cita bangsa,” pungkas Prabowo.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini