Beranda Gaya Hidup Di Tengah Pandemi Corona, Kapolres Serang Budidaya Sayur dan Lele Sistem Aquaponik

Di Tengah Pandemi Corona, Kapolres Serang Budidaya Sayur dan Lele Sistem Aquaponik

Kapolres Serang AKBP Mariyono memanfaatkan lahan di Mapolres Serang untuk budidaya ikan lele sekaligus sayur melalui sistem aquaponik.

SERANG – Di sela-sela aktivitas melayani masyarakat, Kapolres Serang AKBP Mariyono ternyata masih dapat meluangkan waktu dengan mengembangkan budidaya tanaman sayuran serta lele dumbo dengan sistem menanam dengan memanfaatkan air tanpa lahan tanah (aquaponik) sebagai program ketahanan pangan di tengah masa pandemi Covid-19.

Dalam program budidaya ini, AKBP Mariyono juga mengajak beberapa anggotanya dari Satuan Pembinaan Masyarakat (Satbinmas). Kegiatan budi daya ini dilakukan di sekitaran rumah dinas pejabat utama Polres Serang.

“Kegiatan budi daya tanaman hydroponic serta lele dumbo ini merupakan bagian program pembinaan ketahanan pangan di tengah pandemi Covid-19,” ungkap AKBP Mariyono didampingi Kasatbinmas, AKP Yeni Rohaeni, Selasa (9/6/2020).

Mantan Kapolres Majalengka ini mengatakan untuk sementara di kebun aquaponik baru dikembangkan jenis tanaman kangkung. Untuk ke depannya, kata Mariyono, kebun aquaponik itu akan dikembangkan ke jenis tanaman lain seperti cabe, tomat, bayam dan beberapa yang lain yang mungkin untuk ditanam secara aquaponik.

“Aktivitas ini masih sebatas pada kalangan internal Polres Serang dengan tujuan mampu menciptakan kemandirian pangan. Kalau berhasil ini akan kita kembangkan terus. Jika kita sudah memiliki SDM yang kuat, tak menutup kemungkinan kami akan berbagi pengalaman dengan masyarakat sekitar agar dapat bertani meski di lahan yang sempit,” katanya.

Kapolres juga berharap kepada seluruh anggotanya untuk dapat melakukan budidaya aquaponik dengan memanfaatkan lahan di lingkungan tempat tinggal masing-masing.

“Dengan kegiatan budidaya metode aquaponik ini, saya berharap seluruh personel dapat termotivasi untuk mengembangkannya. Selain lingkungan menjadi lebih asri, juga dapat membantu ekonomi keluarga,” katanya pula. (You/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini