Beranda Pemerintahan  Di Carita Pandeglang Bakal Ada Kebun Binatang

 Di Carita Pandeglang Bakal Ada Kebun Binatang

Anggota DPRD Banten Nurul Wasiah. (Memed/bantennews)

PANDEGLANG – Dinas Pariwisata Provinsi Banten dikabarkan sudah menjalin komunikasi dengan menejemen Taman Safari terkait rencana pengelolaan Taman Hutan Raya (Tahura) yang berada di Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang untuk dijadikan lokasi wisata kebun binatang.

Rencana tersebut disampaikan anggota DPRD Provinsi Banten dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Nurul Wasiah usai melakukan koordinasi dan evaluasi bersama Dinas Pariwisata Provinsi Banten beberapa waktu lalu.

Kata wakil rakyat yang duduk di Komisi III ini, dalam rapat tersebut Komisi III mempertanyakan perkembangan para investor yang sempat datang ke Banten salah satunya pihak Taman Safari yang akan membuka cabang kebun binatang di Tahura Carita.

“Kami bertanya tentang Tahura yang nanti akan ditata karena sudah ada pembicaraan dengan pihak Taman Safari. Rencananya mereka akan membuka cabang kebun binatang,” kata Nurul usai melakukan reses di Kampung Cikaung, Kelurahan Kabayan, Kecamatan Pandeglang kemarin, Jumat (24/2/2023).

Menurut Nurul, lokasi  tersebut jika dijadikan tempat wisata memang sangat sempurna karena didukung dengan potensi alam sekitar yang sangat bagus. Sebab, selain pantai, di daerah tersebut juga terdapat hutan dan curug.

“Disana itu lokasinya sempurna karena ada pantai, Tahura dan air Terjun Curug Putri. Jadi kalau dikelola dengan baik itu insyaallah akan mendatangkan manfaat yang banyak buat masyarakat dan dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD),” jelasnya.

Rencananya, tahun ini pihak Taman Safari akan melakukan penjajakan dan cek lokasi yang akan dijadikan kebun binatang. Oleh karena itu, ia meminta agar pemerintah daerah mendukung rencana tersebut.

“Tahun ini mungkin mulai penjajakan berapa luas lahan, kemungkinannya seperti apa karena memang sebagian binatang di Tahura itu ada dan mungkin akan menjadi bagian dari kebun binatang. Tentunya kami ingin rencana-rencana pemerintah itu ditindaklanjuti dengan serius, kalau ada investor yang masuk mohon untuk dimudahkan dan ditindaklanjuti dengan serius supaya masyarakat ada perubahan terutama dari sisi pemberdayaan ekonomi,” tegasnya.

Ia mengaku bahwa Pemerintah Kabupaten Pandeglang tentunya sangat senang dengan kabar ini karena dari dulu Pemkab Pandeglang menginginkan adanya penataan di Tahura Carita untuk meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.

“Kalau dari Pemkab Pandeglang tentunya dari dulu bupatinya menginginkan karena anggaran penataan untuk Tahura itu besar. Kalau pemerintah daerah saya kira sangat mengharapkan untuk segera ditata dan melibatkan masyarakat setempat ke dalam kegiatan pariwisata itu, dan Pemprov Banten sendiri yang menyampaikan bahwa sudah ada pembicaraan dengan pihak Taman Safari,” tutupnya. (Med/Red)

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini