Beranda Pemerintahan Dewan Nilai Banjir di Kota Tangerang Seperti Penyakit Akut, Pj Walikota Didesak...

Dewan Nilai Banjir di Kota Tangerang Seperti Penyakit Akut, Pj Walikota Didesak Punya Gebrakan

Anggota Fraksi PDIP Kota Tangerang, Santa

TANGERANG – Banjir di Kota Tangerang seperti tak pernah teratasi. Bahkan Anggota Fraksi PDIP Kota Tangerang, Santa menilai banjir di Kota Pecahan Kabupaten Tangerang ini seperti penyakit akut yang tak pernah ada penyelesaiannya.

Sebab itu, Santa mendesak Penjabat (Pj) Walikota Tangerang, Nurdin agar membuat gembrakan supaya masalah banjir di Kota Tangerang bisa terselesaikan.

“Walaupun Pj Walikota kewenangannya terbatas biar bagaimana juga kita inginkan Pj saat ini ada gebrakan juga lah, biar ada terobosan, biar ada perkembangan di Kota Tangerang karena beliau ini yang sekarang menjabat,” ujarnya, Selasa (9/1/2024).

Santa menyatakan persoalan banjir di Kota Tangerang sebenarnya sudah masuk usulan para wakil rakyat di DPRD Kota Tangerang, namun nyatanya banjir tetap saja terjadi seperti tak ada solusi.

“Masih banyak titik banjir yang terjadi di Kota Tangerang, seperti di daerah Ciledug dan daerah lainnya. Kalau di Dapil saya Alhamdulillah sudah teratasi sejak kita bangun rumah pompa,” ucapnya.

Dia mendesak Pemkot Tangerang agar punya solusi dalam mengatasi banjir. Dia juga menekankan agar dilakukan mitigasi bencana dengan cermat agar banjir di Kota Tangerang cepat terselesaikan.

“Harus benar-benar dicari permasalahannya, penyabab banjir ini apa, apakah mungkin dari drainasenya buruk, apakah mungkin dari pembuangan ke sungainya yang kurang maksimal, kurang rapi, atau mungkin tidak layak, atau tersumbat atau apa, ini harus dimitigasi. Waktu saya 2 tahun setengah di komisi pembangunan, kita selalu kawal,” tandasnya.

Dia menegaskan bahwa bila memang dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Tangerang tidak bisa menyelesaikan sndirian, pihaknya menekankan agar berkoordinasi dengan pihak terkait dan pemerintah pusat.

“Kalau mungkin kendalanya di sungainya itu wewenang Balai Besar Ciliwung Cisadane, ya kita kan harus koordinasi juga. Jadi eksekutif harus pro aktif,” tandasnya.

Dia menilai permasalahan banjir di Kota Tangerang sebenarnya cukup kompleks, seperti buruknya drainase dan lainnya.

“Memang kalau bicara buruknya drainase mungkin itu dari dulu, karena tidak tertata dengan baik, jadi ketika kita sekarang ini mau menata supaya drainase bagus memang perlu waktu, karena drainase juga ada yang sudah terbuat rumah dan bangunan lainnya,” ujarnya.

Santa menilai banjir ini dampaknya merugikan masyarakat, sehingga masyarakat tak nyaman dalam beraktivitas.

” Warga ingin supaya tebebas dari banjir karena biar bagaimana juga hak warga . Hak warga merasakan fasilitas yang nyaman, baik pembangunan maupun bebas dari banjir, banjir ini kan dampaknya merugikan sekali bagi masyarakat,” katanya.

Terkait hal ini belum ada tanggapan dari Pj Walikota Tangerang, Nurdin. Saat hendak dikonfirmasi Nurdin tengah rapat.

“Pak Pj Walikota sedang rapat,” ujar salah seorang staf yang enggan disebutkan namanya.

(Man/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniĀ