Beranda Pemerintahan Dewan Minta Segera Ada Plh Sekda Banten

Dewan Minta Segera Ada Plh Sekda Banten

M Nawa Said Dimyati alias Cak Nawa.

SERANG – Wakil Ketua DPRD Banten, M. Nawa Said Dimyati meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten segera menunjuk Pelaksana Harian (Plh) Sekertaris Daerah (Sekda) Banten. Hal itu menyusul kosongnya jabatan Sekda Banten pasca dilantiknya Al Muktabar menjadi Pejabat (Pj) Gubernur Banten.

“Enggak bisa Pj Gubernur merangkap jabatan sebagai Sekda, maka harus segera adanya Plh Sekda Banten, karena Pak Al Muktabar saat ini telah resmi menjadi Pj Gubernur Banten,” ujar pria yang akrab disapa Cak Nawa itu, Selasa (17/5/2022).

Penunjukkan Plh Sekda Banten, lanjut Nawa, agar terlaksananya pemerintahan dengan baik, lantaran saat ini terjadi kekosongan jabatan Sekda.

“Secara otomatis jabatan Sekda Banten saat ini telah kosong, karena Sekda Banten telah jadi Pj Gubernur,” katanya.

Dirinya menyampaikan, Pemprov Banten memiliki banyak sosok yang bisa menjadi Plh Sekda Banten, mulai dari Kepala dinas sampai dengan Asisten Daerah (Asda) yang mempunyai kapasitas dan kapabilitas. “Yang telah memenuhi syarat saya rasa banyak, tapi harus dilihat kapasitas dan kapabilitasnya mana yang paling mumpuni, banyak juga telah senior di Pemprov Banten,” ungkapnya.

Nawa meminta, penunjukan Plh Sekda Banten sesuai dengan peraturan perundang-undangan serta tidak menimbulkan kegaduhan. “Tentu harus sesuai dengan aturan yang berlaku, juga melihat historis jangan sampai menjadi kegaduhan setelah ditetapkannya Plh Sekda,” ucapnya.

Nawa juga menyarankan, Pj Gubernur Banten berkonsultasi dengan DPRD Banten dalam menyelesaikan persoalan Plh Sekda Banten. “Dan tak ada salahnya apabila Pj Gubernur melakukan konsultasi dengan DPRD terkait masalah tersebut, karena Plh Sekda nanti akan banyak berhubungan dengan DPRD,” tutupnya.(Mir/Red)

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini