Beranda Pemerintahan Dewan Dorong Penebangan dan Penambangan Liar Diusut Tuntas

Dewan Dorong Penebangan dan Penambangan Liar Diusut Tuntas

Anggota DPRD Banten Ade Hidayat. (Ist)

 

SERANG – Anggota DPRD Banten Fraksi Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Ade Hidayat mendorong, dugaan penebangan pohon dan penambangan di hulu Sungai Ciberang diusut tuntas. Mengingat penebangan pohon dan penambangan liar diduga menjadi salah pemicu banjir bandang di Kabupaten Lebak.

“Banjir bandang telah mengakibatkan banyak masyarakat berduga. Mereka kehilangan harta benda bahkan beberapa di antaranya kehilangan keluarga. Untuk itu dugaan pemicunya berupa penebangan pohon dan penambangan liar di hulu Sungai Ciberang harus diusut,” katanya, Senin (6/1/2020).

Pria yang juga Ketua DPC Gerindra Lebak ini mendukung langkah kepolisian baik Bareskrim maupun Polda Banten yang akan mengusut dugaan penebangan pohon dan penambangan liar di hulu Sungai Ciberang tersebut. “Semoga pengusutan kasus tersebut bisa sampai tuntas,” ucapnya.

Untuk mengantisipasi kejadian serupa, lahan-lahan gundul di daerah aliran sungai (DAS) dan hulu Sungai Ciberang perlu dihijaukan kembali. Caranya melalui penamanan pohon yang dikomandoi langsung oleh instansi yang menaunginya.

“Kan ada Dinas, ada Kementerian, dan Perhutani. Masing-masing tentu punya kewenangan dan perlu bersinergi melakukan penghijauan,” ujarnya.

Di luar itu, lanjut dia, pemprov dan Pemkab Lebak juga harus terus bersinergi dalam penangan bencana. “Karena di setiap titik bencana ada kewenangan pemprov dan pemkab. Maka peran pemerintah dibutuhkan untuk menanggulangi bencana,” ucapnya. (You/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniĀ