Beranda Kesehatan Deteksi Dini, Dinkes Kota Tangerang Gelar Skrining Tes Covid-19 di Sekolah

Deteksi Dini, Dinkes Kota Tangerang Gelar Skrining Tes Covid-19 di Sekolah

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang menggelar skrining tes Covid-19 secara massal di sekolah-sekolah yang sudah menerapkan PTM - foto istimewa

TANGERANG – Guna mengantisipasi munculnya klaster baru penularan Covid-19 melalui Pembelajaran Tatap Muka (PTM) secara terbatas, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang menggelar skrining tes Covid-19 secara massal di sekolah-sekolah yang sudah menerapkan PTM tahap satu dan dua, dengan target sasaran siswa dan guru, Senin (27/9/2021).

Kepala Dinkes Kota Tangerang, dr Dini Anggraeni mengungkapkan hal ini menjadi langkah deteksi dini pihaknya terhadap kemungkinan adanya penularan Covid-19 di lingkungan sekolah. Adapun tes massal ini digelar di seluruh sekolah yang sudah menggelar PTM, didahulukan pada sekolah yang masih berada di zona oranye.

“Skrining tes Covid-19 dengan swab PCR ini akan Dinkes gelar sepekan kedepan. Targetnya, per sekolah 50 sampai 100 sampel dengan sasaran siswa dan guru. Sedangkan per harinya sekitar 600 sampel yang akan dikirim ke laboratorium. Semoga hasilnya negatif semua,” ungkap dr Dini melalui keterangannya.

Dia menjelaskan, jika nanti ditemukan ada yang terdeteksi Covid-19, Dinkes akan langsung melakukan tindakan lanjutan dengan tracing kontak erat di lingkungan kelas dan rumah yang bersangkutan.

“Dinkes pun sudah menyiapkan RIT Puskesmas Jurumudi Baru, jika dibutuhkan untuk tindakan isolasi mandiri,” katanya.

dr Dini menegaskan, langkah ini diambil bukan karena adanya kasus Covid-19 pada pelajar atau guru. Karena memang, dipastikan hingga saat ini belum ada laporan sekolah, kecamatan, puskesmas maupun laporan deteksi versi NAR terkait kasus konfirmasi pada umur pelajar.

“Jadi, langkah skrining ini kita lakukan untuk antisipasi bukan tindak lanjut dari sebuah kasus. Pemkot Tangerang berharap hasilnya semua negatif, sehingga seluruh siswa dan guru bisa terus melanjutkan PTM terbatas, begitu juga mereka yang baru masuk PTM Tahap tiga,” harap dr dini.

Sementara itu, Kepala SMPN 5 Kota Tangerang, Sudjiawati menyambut baik program skrining massal ini. Ia mengaku dengan kegiatan ini minimal ia dapat mengetahui secara dini kondisi siswa dan guru, yang kini sudah dua minggu mengikuti PTM terbatas.

“Secara pengawasan, memang SMPN 5 Kota Tangerang telah menyediakan sarana prasarana pendukung prokes. Membentuk satgas Covid-19, serta guru piket yang bertugas untuk mengawal, mengawasi dan memastikan kesehatan dan kepatuhan siswa dalam penerapan prokes sepanjang beraktivitas di sekolah,” turur Sudjiawati.

Ia berharap, hasil swab guru dan siswanya negatif semua. Sehingga, PTM bisa terus berlangsung, bahkan bisa ditambah hari masuk siswanya. “Dua minggu ini siswa hanya masuk sekali dalam seminggu. Semoga dengan prokes ketat, dan dipastikan tidak ada yang terpapar, hari masuk anak-anak bisa bertambah. Sehingga mereka lebih semangat,” harapnya.

Diketahui, dalam proses skrining tes covid-19 massal, jajaran Puskesmas juga melakukan pengecekan kesehatan tumbuh kembang para siswa. Serta memastikan masih ketat atau tidaknya penerapan protokol kesehatan di sekolah-sekolah yang menerapkan PTM terbatas.

(Man/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini