Beranda Pariwisata Desa Wisata Cikolelet Raih Dua Trofi Hingga Dana Puluhan Juta

Desa Wisata Cikolelet Raih Dua Trofi Hingga Dana Puluhan Juta

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno Menyerahkan Trofi Desa Wisata Terfavorit ADWI 2021 kepada Kepala Desa Cikolelet Ojat Darojat dalam Malam ADWI 2021 pada Selasa (7/12/2021) di Ciputra Artpreneur, Jakarta. Foto: Pemkab Serang.

KAB. SERANG – Desa Cikolelet, Kecamatan Cinangka, Kabupaten Serang berhasil meraih dua trofi dalam Malam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 yang digelar oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) pada Selasa (7/12/2021) di Ciputra Artpreneur, Jakarta.

Trofi pertama yang diraih oleh Desa Cikolelet yaitu ADWI 2021 dengan kategori Desa Wisata Rintisan yang diserahkan oleh Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Vinsensius Jemadu.

Kemudian trofi kedua diserahkan oleh Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno kepada Desa Cikolelet sebagai Desa Wisata Terfavorit ADWI 2021 atas respons warganet dalam vote video di Youtube.

Dalam vote yang dilakukan sejak 1 Desember hingga 5 Desember, Desa Cikolelet meraih 75.046 like.

Desa Cikolelet juga meraih total dana pengembangan yang dari masing-masing kategori yaitu sebesar Rp60 juta.

Kepala Desa Cikolelet, Ojat Darojat menyampaikan terima kasihnya kepada Kemenparekraf, jajaran juri, terutama masyarakat Banten. Hal itu ia sampaikan saat naik panggung untuk menerima trofi Desa Wisata Terfavorit.

Ia menilai, penghargaan ADWI 2021 akan menjadi penyemangat dirinya bersama masyarakat untuk lebih lagi meningkatkan Desa Cikolelet.

“Piala ini saya persembahkan khusus untuk masyarakat Cikolelet dan Kabupaten Serang, umumnya untuk masyarakat Banten,” ujar Ojat.

Selama proses penilaian, Pemkab Serang mendukung dan membantu maksimal Cikolelet. Bahkan melibatkan seluruh organisasi perangkat daerah untuk menyambut Menparekraf dan tim juri saat proses penilaian.

“Untuk Ibu kami, yang support kami luar biasa, terima kasih Bupati Kabupaten Serang Hj. Ratu Tatu Chasanah,SE,M.Ak. Juga masyarakat Banten, Kabupaten Serang, komunitas wisata yang telah membantu sehingga kami menjadi Desa Terfavorit,” kata Ojat.

Bupati Ratu Tatu Chasanah mengapresiasi Kemenparekraf yang telah menggelar ADWI dan telah memotivasi dalam pengembangan desa wisata. Ia pun berterima kasih kepada Desa Cikolelet karena telah membanggakan Kabupaten Serang.

“Kita semangat terus, untuk memperbaiki, terus meningkatkan daya tarik wisata dari desa, dan Cikolelet semakin maju,” ujar Tatu.

Sekadar diketahui, pelaksanaan ADWI 2021 telah berlangsung sejak awal Juli 2021 dengan tercatat ada 1.831 desa wisata yang mengikuti. Jumlah ini melebihi target awal Kemenparekraf atau Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Baparekraf) yang hanya 700 peserta.

Melalui seleksi panjang, 50 desa wisata terpilih untuk berkesempatan meraih trofi dalam Malam ADWI 2021. Sebelumnya pula, Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno mengunjungi 50 desa tersebut termasuk ke Desa Cikolelet.

Sandi mengatakan, ADWI diselenggarakan agar 57 ribu desa di seluruh Indonesia memiliki daya tarik wisata serta termotivasi untuk mengembangkan desa sehingga menjadi penggerak ekonomi nasional.

“Saya meyakini bahwa dari desa lah yang mampu membangun Indonesia,” ujar Sandi.

Mewakili Presiden, Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto mengapresiasi ajang ADWI yang bertajuk Desa Wisata Bangkit. Ia berharap, ADWI jadi wahana promosi bagi wisatawan domestik agar dapat mengembangkan wisata baru sebagai pengungkit ekonomi desa dan daerah.

“Semoga penghargaan ini bisa mewujudkan desa yang berkelas, berdaya saing dan berkelanjutan. Saya juga mendorong agar desa bisa bersinergi dengan 10 destinasi prioritas termasuk yang super prioritas sehingga pengembangan pariwisata bisa berjalan dan bangkit dari pandemi,” kata Airlangga.

(Nin/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini